Melongok, Tradisi Sedekah Bumi Sendang Sampang, Yang Menggelar Tumpengan di Tujuh Lokasi

0 193

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Ada yang menarik pada tradisi sedekah bumi yang digelar di Sendang Sampang, yang berada di Dusun Sampang, Desa Buntalan, Kecamatan Bojoneogoro, Jawa timur, Senin (17/7/2017). Dimana, terdapat tradisi tumpengan atau selamatan yang dilaksanakan di tujuh lokasi yang harus diikuti oleh warga setempat.

Acara ini, adalah tasyakuran yang digelar di halaman Sendang Sampang, yang dihadiri Kepala Desa Buntalan Muntoro (48), yang didampingi Sekdes Buntalan Agung Junianto, serta perangkat desa lainnya, tokoh masyarakat, tokoh agama serta semua warga dusun Buntalan yang tumplek blek di acara tersebut.

Tradisi sedekah bumi Sendang Sampang kali ini cukup semarak. Acara diawali dengan hadirnya Kepala desa Buntalan Muntoro beserta perangkat desa, yang diikuti tokoh agama, tokoh masyarakat yang berjalan kaki dari kediaman kepala desa menuju ke Sendang Sampang dengan cara berjalan kaki. Sementara, warga sudah menunggu di lokasi acara dengan membawa tumpeng yang sebagian besar dengan sajian ayam panggang itu.

Melongok, Tradisi Sedekah Bumi Sendang Sampang, Yang Menggelar Tumpengan di Tujuh Lokasi 1
Kades Buntalan Muntoro (depan kanan) yang diiringi kepala dusun Sampang Is Mukhlisin, tokoh masyarakat, tokoh agama dan perangkat desa sedang berjalan kaki menuju acara sedekah bumi Sendang Sampang, di Dusun Sampang, Desa Buntalan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (17/7/2017).

Tampak, kesibukan ibu-ibu yang dibantu oleh anak-anak muda, untuk mengumpulkan tumpeng dan kue-kue khas setempat, yang dibungkusi selanjutnya dibagikan kepada warga yang sedang berjualan di acara tersebut. Dengan tujuan, agar mereka bisa ikut menikmati makan-makan dalam acara yang biasa disebut manganan tersebut.

Hadir dalam acara tersebut, Kasi PMD Kecamatan Temayang Sukirno yang mewakili Camat Temayang Mukhlisin yang berhalangan hadir. Pejabat Forpimka lainya, serta undangan yang memadati halaman Sendang Sampang tersebut.

Yang menarik dalam acara tersebut adalah, ada acara tumpengan yang dilaksanakan di 7 (tujuh) lokasi, yakni di Candi yang berada di timur dusun, di Sumur Bandung yang berada di selatan dusun, di Sendang Wangon yang berada di barat dusun, di Sendang Sampang yang berada di tengah dusun, di rumah Kepala desa, di halaman rumah Kepala Dusun dan terakhir selamatan di dalam rumah Kepala dusun.

Melongok, Tradisi Sedekah Bumi Sendang Sampang, Yang Menggelar Tumpengan di Tujuh Lokasi 2
Anak-anak muda yang tergabung dalam Pokdarwis Dusun Sampang saat membantu untuk mengumpulkan dan membagikan makanan dan kue kepada warga yang berjualan di acara sedekah bumi Sendang Sampang, di Dusun Sampang, Desa Buntalan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (17/7/2017).

Acara manganan Sendang Sampang diisi dengan hiburan Langen Tayub yang digelar siang dan malam di halaman rumah Kepala dusun Is Mukhlisin (48) yang berada di dusun Sampang atau depan kediaman Kepala desa Buntalan Muntoro (48).

Kegiatan tayub Bojonegoro tersebut, dimeriahkan oleh Kerawitan Mustika Laras Pimpinan Wuryanto dari Desa Kolong, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro. Dengan menampilkan Waranggana Nyi Yasmi dari Cancung, Bubulan dan Nyi Mujiati dari Desa Jono, Temayang, Bojonegoro.

Sebelumnya, Minggu (16/7/2017) telah dilaksanakan acara khotmil qur’an yang digelar di Makam Umum Desa Buntalan dan di Masjid Darussalam Dusun Sampang dan malam harinya digelar Istigosah di Masjid Darussalam yang dihadiri warga setempat.

Melongok, Tradisi Sedekah Bumi Sendang Sampang, Yang Menggelar Tumpengan di Tujuh Lokasi 3
Ibu-ibu dan remaja putri yang duduk-duduk di bawah pohon yang ada di area Sendang Sampang, saat mengikuti acara sedekah bumi Sendang Sampang, di Dusun Sampang, Desa Buntalan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (17/7/2017).

Kepala desa Buntalan Muntoro (48) kepada rakyatindependen.id mengatakan, pihaknya atas nama pemerintah desa Buntalan mendukung kegiatan kemasyarakatan Sedekah bumi Sendang Sampang tersebut.

“Kami mendukung kegiatan tradisi dan adat istiadat warga Dusun Sampang yang telah berlangsung turung temurun sejak nenek moyang kita itu. Kegiatan tersebut, merupakan kegiatan unggulan Desa Buntalan yang ke depan akan kita jadikan sebagai wisata budaya,” tegas Kepala desa Buntalan Muntoro, Senin (17/7/2017).

Kegiatan sedekah bumi Sendang Sampang, di tahun ini bisa makin tertata rapi dan aphik tak luput dari dukungan anak-anak muda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dusun Sampang, yang dimotori oleh M. Rifa’I atau yang akrab disapa Cak Mad itu.

“Ke depan kegiatan sedekah bumi Sendang Sampang, diharapkan makin baik dan makin meriah dengan keikut sertaan Pokdarwis tersebut,” ungkapnya. **(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More