Anak Pertama Kali Masuk Sekolah, Orang Tua Coba Lakukan Hal Ini terlebih Dahulu

0 254

Anak Pertama Kali Masuk Sekolah, Orang Tua Coba Lakukan Hal Ini terlebih Dahulu, Senin 16 juli 2018 menjadi hari pertama dimulainya pendidikan atau sekolah di Indonesia, setelah liburan yang cukup lama bagi para murid. Dan juga pastinya ada yang baru masuk di tahun ajaran baru begitu pula si kecil kita yang mungkin memulai langkahnya di bangku sekolah baik TK ataupun Sekolah dasar,

Bagi orang tua yang memiliki anak usia 5 tahun atau lebih tentu sedang memikirkan bagaimana cara mempersiapkan anak mereka menyambut hari pertama masuk TK ataupun SD. Pengalaman yang masih minim seringkali menimbulkan kecemasan karena takut anak mereka akan rewel saat memasuki kelasnya.

Namun, tak perlu khawatir karena orang tua hanya perlu mengajarkan beberapa hal agar sang anak menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.
Dilansir berbagai sumber, beberapa tips sederhana di bawah ini bisa Anda berikan untuk menggambarkan kehidupan sekolah yang akan dihadapi sang anak. Apa saja?

Anak Pertama Kali Masuk Sekolah

 

1. Jelaskan Tentang Kegiatan Sekolah

Anak mungkin akan bertanya-tanya, kegiatan apa saja yang akan mereka lakukan saat berada di sekolah. Untuk memberikan bayangan mengenai sekolahnya, Anda bisa menceritakan hal apa saja yang busa dan tidak bisa mereka lakukan saat berada di sekolah.

Mulai dari bertemu dengan teman baru, guru kelas, sampai pelajaran apa saja yang akan ia terima. Jelaskan dengan paparan sederhana yang disertai dengan gambar, agar anak lebih mudah memahami maksud dari penjelasan Anda.

2. Tingkatkan Rasa Percaya Diri dan Keberanian Anak
Untuk mampu bersosialisasi dengan baik, tingkatkan kepercayaan diri anak dengan membiasakan mereka bertemu orang banyak tanpa selalu bergantung orang tuanya. Misalnya saat berada di supermarket, Anda bisa menyuruh anak bertanya pada karyawan mengenai letak produk yang ingin dibeli.

Rasa percaya diri yang terbentuk akan berpengaruh pada sikap sosialisasi yang dimiliki sang anak. Keberanian anak pun akan meningkat dengan sendirinya.

Anak Pertama Kali Masuk Sekolah

3. Ajarkan Anak Mengenai Sosialisasi
Jika sudah percaya diri, kemudian ajarkan anak mengenai pentingnya bersosialisasi. Anda harus menjelaskan betapa pentingnya mempunyai teman yang banyak saat berada di sekolah.

Ajarkan pula mengenai etika yang baik dalam berteman, baik dengan teman sebaya atau teman yang lebih tua. Stimulasi anak dengan membiasakan mengucapkan kata-kata yang sopan agar mereka mampu berkomunikasi dengan baik.

4. Mengunjungi Sekolah Anak
Untuk membuat anak cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya, ajak mereka berkunjung ke sekolah sehari sebelum hari pertama dimulai. Kenalkan anak pada sekolah yang akan menjadi tempatnya menempuh pendidikan.

Selain itu, Anda juga bisa buat anak menjadi lebih familiar terhadap lingkungan sekolahnya dengan mengenalkan ruang kelas, kantin, taman bermain atau bangunan lain yang berdiri di sekeliling sekolah.

5. Yakinkan Anak Jika Sekolah adalah Tempat yang Menyenangkan
Mungkin masih ada beberapa anak yang merasa takut untuk pergi ke sekolah di hari pertama. Usir ketakutan dan keraguan anak dengan meyakinkan mereka jika sekolah bukanlah tempat yang mengerikan.

Ceritakan hal yang seru terkait kegiatan sekolah atau karakter teman yang akan mereka temui saat berada di sekolah. Ungkapkan keseruan lainnya yang bisa membuat bayangan anak mengenai sekolah berubah menjadi tempat belajar yang menyenangkan.

6. Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah
Sediakan waktu untuk mengantar anak ke sekolah. Berikan semangat kepada anak yang baru pertama kali bersekolah.

Mengantar anak di hari pertama sekolah adalah cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri sang anak. Jangan lupa memeluk atau mencium anak untuk meyakinkan jika sekolah akan membuatnya tenang dan nyaman.

Jika perlu, antarkan anak sampai ke ruang kelasnya dan tunggu anak sampai ia mendapatkan tempat duduk. Semangati diri mereka agar mampu berkenalan dengan teman barunya.

Nah beberapa hal tersebut wajib anda lakukan sebagai seorang orang tua, lalu selanjutnya ada beberapa hal lagi yang perlu dijelaskan.

Tips Bagi Orang Tua Mengantar Anak Masuk Sekolah Pertama Kali

 

Tips Bagi Orang Tua Mengantar Anak Masuk Sekolah

1. Ceritakan hal-hal menyenangkan mengenai sekolah
Lakukan hal ini jauh-jauh hari sebelum hari masuk sekolah. Bisa dilakukan 1 tahun sebelumnya atau beberapa bulan sebelumnya. Dengan menceritakan hal-hal menyenangkan dan seru mengenai sekolah, anak akan penasaran dan antusias untuk masuk sekolah. Sekolah jadi sesuatu yang menyenangkan di benaknya.

2. Jelaskan bahwa orang tua tidak dapat menemani, dia harus mandiri
Dengan demikian, anak siap sejak awal paham bahwa dia harus mandiri. Tanpa orang tua artinya dia harus belajar makan sendiri, belajar mengatakan pada guru bahwa dia mau ke toilet, belajar bagaimana caranya membersihkan diri setelah buang air kecil atau air besar, belajar membersihkan ingus ketika flu, dsb.

3. Relakan berpisah dari anak
Emosi orang tua dapat ditangkap oleh anak. Memang, berpisah dengan anak yang mulai sekolah pun hal berat bagi orang tua. Sehari-hari bersama anak, lalu anak mulai aktif dengan kegiatannya sendiri. Namun, jangan tampakkan emosi kesedihan Anda. Tunjukkan bahwa Anda pun bahagia bahwa anak Anda sudah mulai besar dan mandiri.

4. Jauhkan jarak
Jika di hari pertama anak tidak mau berpisah, boleh lah orang tua menunggu dengan jarak yang dekat dengan anak. Namun ingat, bagaimana pun juga Anda harus berada jauh dari anak. Maka buatlah jarak dengan anak Anda. Hindari mengintip-intip dari balik pintu atau jendela. Percaya pada anak Anda, maka anak pun akan percaya bahwa dia berada di tempat yang aman.

5. Konsisten menjauhkan jarak
Jika jarak sudah mulai jauh, konsistenlah. Apa pun yang terjadi di ruang kelas itu, percayakan anak Anda pada guru dan sekolah yang telah Anda pilih. Jangan sekali-kali mendekatkan jarak hanya karena rasa cemas atau khawatir Anda. Biarkan anak merasa nyaman. Konsisten dan tegaslah dengan jarak. Jika suatu waktu anak menangis dan meminta orang tua di dekatnya, jangan lakukan hal ini. Tetaplah pada jarak yang sudah ada. Yang perlu Anda lakukan ialah menjelaskan pada Anak bahwa batas Anda hanya sampai disitu. Orang tua tidak boleh masuk ke kelas. Tenangkan pikiran anak Anda, mungkin saja dia mendapat perlakuan buruk dari temannya. Sampaikan hal ini ke guru secara tenang.

6. Beri penghargaan pada anak
“Anak mama hebat! Tadi di sekolah sudah berani sendiri sama teman-teman dan bu Guru. Tadi belajar apa?” Beri penghargaan atas apa yang telah dilakukan anak. Kemudian, tanyakan apa saja aktivitasnya, suka, serta dukanya selama di sekolah. Dengan bertanya, anak tahu bahwa situasi sekolah merupakan hal yang menyenangkan bagi mereka dan orang tua. Anak paham bahwa orang tua pun penasaran dengan apa yang dialaminya di sekolah. Dengan demikian, dia pun yakin bahwa dirinya sudah melakukan hal yang benar dan tepat selama di sekolah.

 

Anak Pertama Kali Masuk Sekolah

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More