PMI Cabang Bojonegoro Bersama KKN Unesa Gelar Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Sidobandung, Balen

1

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – PMI Cabang Bojoegoro, Jawa timur, gelar sosialisasi pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19), untuk masyarakat Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Bojonegoro, Selasa (14/7/2020).  Acara dimulai sejak pukul 09:00 dan berakhir pada pukul 12:30 WIB.

Sosialisasi pertolongan pertama terhadap penegahan Covid-19 yang dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Bojonegoro itu, bekerjasama dengan PKK desa setempat dan KKN Unesa (Universitas Negeri Surabaya), diikuti oleh 48 warga itu berlangsung di balai desa setempat.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sidobandung Wiwik berkenan membuka acara tersebut sekaligus memberikan sambutanya.

Dalam sambutannya, atas nama PKK Desa Sidobandung, pihaknya menyampaikan ucapan erima kasih kepada para mahasiswa-mahasiswi Unesa yang telah ber KKN di desanya itu.  

“Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa-mahasiswi Unesa yang telah berkenan melakukan KKN di sini (Desa Sidobandung). Selain itu, kami juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada PMI Kabupaten Bojonegoro, yang berkenan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pemahaman dan cara pencegahan penyebaran virus corona untuk diri sendiri,  keluarga maupun lingkungannya masing-masing,” ungkap Ketua TP PKK Sidobandung, Wiwik, dihadapan peserta sosialisasi tersebut.

Suko H Widodo selaku Kepala Markas PMI Bojonegoro, dalam kata sambutanya juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa Unesa yang telah menggandeng PMI Cabang Bojonegoro  dalam memberikan sosialisasi pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19), untuk masyarakat Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Bojonegoro, yang digelar di Balai desa setempat, Selasa (14/7/2020).

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalisasi program desa di tengah pandemi covid-19.

Sosialisasi dilakukan agar masyarakat bisa melakukan pencegahan penyebaran virus yang dikenal mematikan ini,” ungkap pria yang akrab disapa Pak Suko itu, serius.

Masih menurut Pak Suko, bahwa dengan sosialisasi ini, diharapkan masyarakat bisa berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di era Pandemi Covid-19 dan jelang New Normal ini.

Sosialisasi mengambil tema “Dampak dan Cara Menangani Pandemi Covid-19” dan penyuluhan dengan tema “Cara Pembuatan Handsanitizer dengan Menggunakan Bahan Alamiah yang Mudah di Jangkau oleh Warga Desa Sidobandung”

Materi tentang PHBS disampaikan oleh Nur Khamid dan materi tentang PPPK disampaikan olwh Eko Novi dan Staf Markas PMI Bojonegoro.

Sementara itu, Agustina Harja selaku Ketua KKN Unesa menyatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan agar warga Desa Sidobandung mengetahui cara menangani dan menjaga diri saat pandemi Covid-19.

“Hendaknya warga selalu menjaga kebersihan diri terutama saat sedang berada di luar rumah harus memakai masker dan membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun dengan air mengalir,” ungkapnya.

Diltambahkan, bila tidak dijumpai sabun dan air mengalir maka bisa menggunakan handsanitizer sebagai pengganti sabun dan air mengalir tersebut.

Acara tersebut dihadiri oleh 48 peserta yang terdiri dari Ketua TP PKK yang juga istri kepala desa (Kades), Para perangkat desa, Ibu-ibu anggota PKK dan para Ibu-ibu RT Se-Desa Sidobandung.

Di sesi akhir sosialisasi tersebut, dibagikan masker kepada peserta, sebagai tekad untuk adaptasi kebiasaan baru (AKB) seperti pakai masker,  jaga jarak apabila bergaul,  maupun cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau bisa juga memakai pakai handsanitizer.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More