Jelang Final Euro 2020 : Buruknya Rekor Head to Head Inggris vs Italia Rakyatnesia

Dedi Suparman

Bagikan

rakyatnesia.com – Inggris akan menjalani laga final Kejuaraan Eropa untuk pertama kali dalam sejarah mereka, sayangnya mereka memiliki rekor yang sangat buruk melawan rival mereka di final Euro 2020 ini, Italia.

Menurut catatan Opta, Inggris hanya menang dua kali dari 14 pertemuan terakhir mereka melawan Italia di semua kompetisi (imbang 5 kalah 7), menang 0-2 pada Juni 1997 dan 2-1 pada Agustus 2013, dan keduanya hanya dalam pertandingan persahabatan.

Pada 1997 lalu, Inggris berhasil mengalahkan Italia dengan skor di laga persahabatan yang digelar di Stade de la Beaujoire, Nantes. Kala itu gol-gol dari Ian Wright dan Paul Scholes memberi kemenangan pasukan Glenn Hoddle atas tim besutan Cesare Maldini.

Baca Juga  Alun Alun Ramai Sesak, Pada Anniversary Persela ke 57

Sedangkan pada laga persahabatan tahun 2013, The Three Lions yang saat itu dibesut Roy Hodgson berhasil mengalahkan Azzurri yang kali ini dilatih Cesare Prandelli dengan skor 2-1 saat gol pembuka Daniele De Rossi dibalas oleh gol-gol Phil Jagielka dan Jermain Defoe.

Sementara Inggris hanya menang di dua laga persahabatan tersebut dalam 14 pertemuan terakhir, mereka kalah di semua empat pertandingan kompetitif mereka melawan Italia di turnamen besar.

Channel Gilabola di Youtube

Pertama di penyisihan grup B Kejuaraan Eropa 1980 ketika gol tunggal Marco Tardelli cukup untuk mengantarkan skuad Italia asuhan Enzo Bearzot mengalahkan tim Inggris yang berada di bawah komando Ron Greenwood.

Baca Juga  Alun Alun Ramai Sesak, Pada Anniversary Persela ke 57

Kedua di perebutan tempat ketiga Piala Dunia 1990 di Comunale, Bari ketika drama tiga gol di 10 menit akhir akhirnya melihat Italia memenangkan pertandingan atas Inggris dengan skor tipis 2-1, ketika gol David Platt tak cukup untuk menyelamatkan negaranya dari kekalahan dan membalas dua gol tuan rumah oleh Roberto Baggio dan penalti Salvatore Schillaci.

Ketiga di perempat final Kejuaraan Eropa 2012, dengan kedua negara bermain imbang tanpa gol hingga 120 menit pertandingan. Di babak adu penalti ini, kegagalan eksekusi dari Ashley Young (ketiga) dan Ashley Cole (keempat) membuat The Three Lions harus tersisih meski mereka sempat diuntungkan ketika eksekutor kedua Italia Riccardo Montolivo sempat gagal menjalankan tugasnya.

Baca Juga  Alun Alun Ramai Sesak, Pada Anniversary Persela ke 57

Keempat dan terakhir adalah di penyisihan grup D Piala Dunia 2014, dengan gol-gol Claudio Marchisio dan Mario Balotelli di masing-masing babak untuk Italia hanya sanggup dibalas Inggris melalui satu gol via Daniel Sturridge.

sumber artikel : Gila bola.com

Bagikan

Also Read