Portal Berita Bojonegoro Lamongan
berita bojonegoroFeatured

Pemdes Pojok, Purwosari, Gelar Musdes Penyusunan RKP Desa Tahun 2023

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Guna mendukung penyelenggaraan roda pemerintah desa agar bisa berjalan sesuai harapan masyarakat, Selasa (12/7/2022) Pemerintah Desa Pojok Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Pembangunan Desa dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Tahun 2023.

Kegiatan berlangsung di Balai Desa setempat, dihadiri Sekcam Purwosari, Ahmad Suyono, beserta staf Kecamatan, Forpimcam Purwosari, Kepala Desa Pojok Yudianto dan jajaran perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Tampak hadir, Para Ketua RW dan RT Se-wilayah Desa Pojok, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, dan pendamping desa serta pendamping lokal desa.

Perlu diketahui, musyawarah desa terkait dengan perencanaan pembangunan dalam rangka penyusunan RKP Desa Pojok Tahun 2023 ini, akan dipimpin secara langsung Ketua BPD Desa Pojok Siti Tumiana.

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Sekcam Purwosari beserta staf yang telah menghadiri musyawarah desa, di Desa Pojok ini,” ungkapnya.

Baca Juga  Polsek Ngasem Patroli Obyek Wisata Khayangan Api. Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

Lanjut Yudianto, pihaknya berharap, adanya bimbingan serta arahan agar kegiatan ini bisa memperoleh hasil yang bermanfaat sesuai harapan masyarakat.

“Semoga bermanfaat, berjalan lancar, baik dan sesuai harapan bersama. Musdes pada hari ini, akan dipimpin secara langsung oleh BPD,” jelasnya.
Pada kesempatan itu, Sekcam Purwosari Ahmad Suyono, menyampaikan bahwa musyawarah desa seperti merupakan agenda rutin yang harus dilaksanakan, khususnya guna mendukung keberlangsungan pembangunan.

“Musdes merupakan agenda rutin dan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh masing-masing desa,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, melalui musdes penyusunan RKP Desa ini, masyarakat juga dapat menyampaikan secara langsung usulan terkait dengan kebutuhan pembangunan.

“Yang tentunya harus disesuaikan dengan RPJMDesa yang menjadi program atau visi misi kepala desa,” terangnya.
Masih menurut Sekcam Purwosari, bahwa pihaknya menegaskan, selain pembangunan, target utama yakni mencegah dan menghindari adanya stunting di Desa Pojok ini.

Baca Juga  Presiden Jokowi Berduka, Sebut Kematian Shinzo Abe Tragis

“Tahun ini sampai tahun 2023 nanti, kita fokus dan targetkan masyarakat terhindar dari kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya,” kata Ahmad Suyono menegaskan

“Perlu disampaikan, bahwa kita juga harus menuntaskan masalah saluran air drainase yang ada di lingkungan, serta permasalahan air bersih,” katanya menandaskan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua BPD Desa Pojok Siti Tumiana, bahwa musyawarah desa perencanaan pembangunan merupakan agenda rutin setiap tahun, guna menyusun RKP Desa sekaligus mengakomodir seluruh usulan dan kebutuhan masyarakat.

“Musdes perencanaan pembangunan ini untuk menampung usulan terkait kebutuhan masyarakat, terlebih di bidang pembangunan berkelanjutan. Nantinya akan dimasukkan ke dalam RKP desa,” ucapnya.

Baca Juga  DLH Bojonegoro Gelar Pembinaan Tentang Pentingnya Bank Sampah

Ditambahkan, untuk semua usulan akan kita akomodir dan akan disinkronkan dengan rencana pembangunan jangka menengah desa yang merupakan program atau visi misi dari kepala desa tersebut.

“Selama dua tahun pemdes tidak bisa melaksanakan kegiatan secara efektif, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh penjuru nusantara, termasuk menimpa Desa Pojok ini,” ungkapnya.

Pihaknya berharap semoga tahun 2023 mendatang, Covid-19 sudah sirna sehingga semu kembali normal. Dengan demikian, seluruh pelaksanaan pembangunan berjalan lancar dan sukses.

“Musdes saat ini, ada 2 (dua) agenda penting, diantaranya meliputi: perencanaan pembangunan dalam rangka penyusunan RKP Desa Pojok tahun 2023, dan penetapan tim penyusunan rencana kerja pemerintah desa tahun 2023.

“Alhamdulillah, kedua agenda telah disetujui dan ditetapkan pada musdes ini,” pungkasnya.

**( Yan / Red ).

moch akbar fitrianto

Adalah Seorang penulis berita Teknologi dan juga Olahraga Khususnya Sepak bola dan MotoGP
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku