Sebanyak 3 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Moderna sudah Mendarat Rakyatnesia

Nurul Syahadatin

Bagikan

[ad_1]

rakyatnesia.com – Indonesia kedatangan vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat (AS), yakni Moderna pada Minggu (11/7) siang. Total mendarat 3.000.060 dosis vaksin siap pakai untuk vaksinasi masyarakat dan para tenaga kesehatan.

“Pada hari ini, Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna, hubungan kerja sama internasional dari pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral Covax Facility,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya, Minggu (11/7).

Moderna ini juga diketahui telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 2 Juli lalu. Hingga saat ini, total pertolongan vaksin dari Pemerintah AS kepada Indonesia adalah 4.500.160 dosis.

Dalam catatan Kemenlu, dengan tibanya vaksin Moderna hari ini, Indonesia telah mengamankan sejumlah 122.735.260 dosis vaksin, baik berupa bahan baku vaksin maupun vaksin siap pakai.

“Sinovac 108,5 juta dosis di mana sebagian besar berbentuk vaksin curah, kemudian AstraZeneca sebesar 8.236.800 dosis, Sinopharm 2 juta dosis vaksin jadi, di mana 500.000 di antaranya adalah dukungan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA), kemudian AstraZeneca dukungan dose sharing bilateral dari Jepang sebesar 998.400 dosis vaksin jadi, dan hari ini Moderna dose sharing AS melalui Covax Facility sebesar 3.000.060 dosis vaksin jadi,” jelasnya.

Saat ini, Indonesia juga telah menerima tawaran dukungan vaksin dari beberapa negara, rakyatnesia lain dari Jepang, Belanda, Inggris, Australia, dan UEA. Jutaan vaksin dari jalur pengadaan komersial maupun dari dukungan internasional dan bilateral direncanakan akan tiba pada bulan Juli ini. “Pemerintah akan terus bekerja keras untuk memastikan kesediaan vaksin bagi Indonesia. Kesehatan dan keselamatan rakyat akan selalu menjadi prioritas,” tandasnya.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking

sumber artikel : jawapos. com

Bagikan

Also Read