Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Dunia

Tragedi Shinzo Abe, Mantan PM Jepang Yang Mati Ditembak

Dunia, Rakyatnesia – Tragedi Shinzo Abe, Mantan PM Jepang Yang Mati Ditembak, Jepang sebagai salah satu negara dengan predikat paling aman di dunia ini tentunya membuat banyak wisatawan mancanegara berwisata ke negara matahari terbit itu. Namun Gara – gara Tragedi Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe Dunia Terguncang dan kaget.

Mantan PM Jepang Shinzo Abe ditembak saat berpidato di Kota Nara, Jumat (8/7/2022). Kejadian ini mengejutkan dunia mengingat Jepang merupakan salah satu negara teraman di dunia.

World Population Review, Institute for Economics and Peace tahun ini melaporkan 9 negara paling aman di dunia. Jepang masuk dalam daftarnya dan menempati posisi ke-9.

Jepang dinilai aman karena memiliki sistem imigrasi yang cukup ketat. Di sana, akses senjata api juga terbatas.

Orang yang ingin memiliki senjata api di Jepang harus melalui tes penggunaan senjata, tes kesehatan mental dan fisik. Pembelian peluru juga diatur ketat.

Kemudian melihat sistem pendidikan, Jepang termasuk yang terbaik. Dibandingkan dengan negara-negara lain, Jepang juga memiliki tingkat pengangguran dan penggunaan obat-obatan terendah. Faktor-faktor ini dinilai turut berperan mencegah terjadinya kejahatan di sana.

Sementara itu, menurut data statistik dari UNODC pada 2016, tingkat pembunuhan di Jepang juga terbilang rendah yaitu 0,3 per 100.000 penduduk. Bahkan menurut data dari Badan Kepolisian Nasional Jepang, selama pandemi COVID-19, kasus kriminal di Jepang justru mengalami penurunan.

Pada 2020, tercatat terjadi 614.303 kasus kriminal di Jepang. Jumlah ini turun 17,9% dari 2019.

Penurunan ini merupakan yang tercepat dan tingkat kejahatan di Jepang tercatat berada di level terendah pasca perang. Angka pembunuhan misalnya, turun 9,7% menjadi 8.394 kasus.

Kendati disebut sebagai negara teraman, kejahatan tetap tak terelakkan di Jepang. Nyatanya, Shinzo Abe menjadi korban penembakan warga lokal Nara bernama Yamagami Tetsuya, hingga kemudian dinyatakan meninggal dunia.

moch akbar fitrianto

Adalah Seorang penulis berita Teknologi dan juga Olahraga Khususnya Sepak bola dan MotoGP
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku