Jelang Suroan, Polres Lamongan Optimalkan Patroli Cipta Kondisi

Panjoel Kepo

Jelang Suroan, Polres Lamongan Optimalkan Patroli Cipta Kondisi
Bagikan

rakyatnesia.com – Menjelang peringatan Suroan, Polres Lamongan mengintensifkan patroli cipta kondisi untuk memastikan situasi tetap kondusif. Langkah preventif ini difokuskan pada wilayah-wilayah rawan guna mencegah kerusuhan yang sering terjadi akibat perselisihan antar perguruan silat.

Patroli Polres Lamongan menyisir tempat-tempat umum yang sering digunakan sebagai lokasi tongkrongan dan tempat berkumpulnya anak muda. Upaya ini bertujuan menjaga ketertiban dan keamanan di daerah tersebut.

“Langkah ini diambil demi menjaga keamanan dan kenyamanan warga masyarakat Lamongan,” kata Kapolres Lamongan AKBP Bobby A Condroputra kepada wartawan, Sabtu (6/7/2024).

Kapolres mengatakan patroli ini adalah bagian dari upaya preventif untuk memastikan situasi kondusif selama peringatan suroan.

Baca Juga  Bapak di Tulungagung Perkosa Anak Kandung Hingga 4 Kali, Kini Ditangkap Polisi

Polisi, kata Kapolres, berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, terutama di titik-titik yang rawan perselisihan dan kerusuhan.

“Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, terutama di titik-titik yang rawan perselisihan dan kerusuhan,” ujarnya.

Kapolres Lamongan juga berharap kepada masyarakat untuk bekerja sama menciptakan kondusifitas. Ia juga meminta masyarakat melaporkan ke Polisi jika melihat potensi kriminalitas.

“Kerja sama dengan masyarakat sangat diharapkan untuk melaporkan segala aktivitas yang mencurigakan,” imbuhnya.

Patroli itu melibatkan sejumlah personel dari berbagai satuan, termasuk anggota dari satuan Sabhara, Reskrim, dan Intelkam yang semuanya bekerja sama dalam mengawasi serta memantau situasi di lapangan.

Baca Juga  3 Pesilat Ngawi Jadi Tersangka Pengeroyokan Anggota Perguruan Silat Lain

Selain itu, patroli ini juga mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis, di mana anggota polisi berinteraksi langsung dengan masyarakat, memberikan imbauan, serta mengajak bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan.

“Dengan adanya patroli cipta kondisi ini, diharapkan suasana menjelang Suroan di Lamongan dapat berjalan dengan aman dan tertib serta mampu mencegah terjadinya konflik antar perguruan silat yang kerap kali menciptakan keresahan di tengah masyarakat,” paparnya.

Polres Lamongan, lanjut Kapolres, juga mengimbau seluruh warga untuk tetap tenang dan ikut berpartisipasi dalam menjaga ketertiban lingkungan sekitar.

Baca Juga  Berangkatkan 61 Atlet ke Kejurprov, Bupati Lamongan Berharap Bawa Nama Harum

“Aktifkan kembali siskamling di wilayah masing masing, gotong royong dan bekerja sama menjaga kondusifitas adalah langkah paling awal yang ditempuh,” lanjutnya.

Kegiatan patroli ini akan terus berlangsung hingga peringatan Suroan selesai memastikan setiap sudut wilayah Lamongan dalam keadaan aman dan kondusif.

Kapolres menegaskan, keamanan dan kenyamanan masyarakat adalah prioritas utama yang harus dijaga bersama.

“Prioritas kami adalah melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat,” tutupnya.

Bagikan

Also Read