Kodim 0813 Bersama PMI Bojonegoro Gelar Sosialisasi SIBAT Di TMMD Imbangan 2020

Sukisno

Kodim 0813 Bersama PMI Bojonegoro Gelar Sosialisasi SIBAT Di TMMD Imbangan 2020
Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Kegiatan TMMD Imbangan 2020 Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa timur, terdapat kegiatan fisik dan non fisik.

Salah satu kegiatan non fisik yang digelar di hari kedua kegiatan TMMD di Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno adalah Sosialisasi Siaga Bencana dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (SIBAT), yang digekar di Balai desa setempat Rabu (1/7/2020) pagi.

Sosialisasi Sibat tersebut, merupakan kerjasama antara Kodim 0813 Bojonegoro dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Cabang Bojonegoro. Kegiatan yang diikuti puluhan warga terutama didominasi anak-anak muda itu berlangsung sejak pukul 09:00 WIB hingga pukul 11:00 WIB.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Sekretaris PMI Cabang Bojonegoro Sukohawidodo, mengucapkan terima kasih karena setiap gelaran kegiatan TMMD diwilayah Kabupaten Bojonegoro selalu dilibatkan. Hal itu sebagai bentuk kerjasama dan sinergitas yang baik, dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kesiapsiagaan kebencanaan.

Selain itu, PMI Cabang Bojonegoro juga membagikan ratusan masker kepada warga Desa Lebaksari dan Santri Pondok Pesantren yang ada di Desa Kalisari, yang keduanya berada di wlayah Kecamatan Baureno.

“Sosialiasi SIBAT dilakukan karena di Desa Lebaksari yang dijadikan kegiatan TMMD Imbangan Kodim 0813 Bojonegoro adanya potensi bencana seperti banjir bandang dan tanah longsor. Adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat bisa mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Dalam kesempatan yang sama, Bati Komsos Koramil 0813-06/Baureno, Serma M. Syaifuddin, mengatakan upaya penanganan bencana saat ini menitikberatkan pada parsitipatif masyarakat. Sehingga mendukung Desa Mandiri, cegah dini dalam upaya antisipasi bencana.

“Hal ini untuk mendorong pemberdayaan masyarakat dalam kesiapsiagaan untuk mencegah, dan mengurangi dampak atau resiko bencana jika terjadi dilingkungannya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam sosialiasi ini Kepala Desa Lebaksari, Zaenal Abidin, beserta perangkat serta tokoh pemuda dan masyarakat setempat.

**(Sumber: Penerangan Kodim 0813 Bojonegoro/Red).

Bagikan

Also Read