Tekno

Upaya Majukan Ekosistem Teknologi dan Talenta Digital Tanah Air Rakyatnesia

Jakarta, Rakyatnesia – Konferensi teknologi tahunan Start Summit kembali digelar, acara ini akan digelar 3 Juli 2021 mendatang. Berbeda dari tahun lalu, kali kedua Start Summit ini akan diselenggarakan secara virtual.

Leontinus Alpha Edison, Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia, menjelaskan, Tokopedia Start Summit 2021 mengusung tema ‘Transforming Indonesia Through Technology Together’. Ini juga sekaligus sebagai upaya untuk mendukung percepatan dalam mencetak talenta digital di Indonesia.

“Tokopedia terus berupaya mendukung kemajuan talenta digital Indonesia dan membentuk ekosistem yang kolaboratif. Salah satunya melalui Start Summit, yang merupakan wadah berbagi pengalaman para pegiat teknologi, pelaku bisnis teknologi, hingga komunitas digital, yang memiliki semangat sama dalam memajukan industri teknologi Indonesia.” tutur Leontinus Alpha Edison, dalam acara yang digelar secara virtual, (30/06/21).

Menurutnya akan ada tiga topik utama yang akan dibahas pada Start Summit 2021, yaitu Core Engineering, Infrastructure dan Productivity serta Data. Sederet talenta digital Tokopedia akan membagikan berbagai informasi mulai dari pemrograman, pengembangan produk, pengelolaan kampanye yang terintegrasi, strategi multi-cloud dan berbagai inovasi lain.

Seluruh kelas yang tersedia dalam rangkaian kegiatan Tokopedia Start Summit 2021 ini dapat diakses secara gratis. Masyarakat cukup melakukan registrasi melalui situs Tokopedia Academy.

Selain Start Summit, Tokopedia melalui Tokopedia Academy juga menghadirkan beragam inisiatif untuk talenta digital Indonesia, misalnya Start Summit Extension, Start Women in Tech, Devcamp, Tokopedia Internship, Product Design Academy, Summer Acceleration Program, kolaborasi dengan universitas misal dalam membangun AI Center hingga modul perkuliahan, dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, Tokopedia juga telah menghadirkan dua inisiatif guna mendukung Program Kampus Merdeka besutan Kemendikbud Ristek RI. Pertama, program Magang Bersertifikat yang tersedia untuk tiga bidang yaitu Software Engineering, Marketing dan Business Development. Kedua, Hackathon Devcamp yang merupakan kompetisi membangun produk dan solusi dalam waktu sangat singkat.

Sementara Herman Widjaja, CTO and SVP of Engineering Tokopedia, mengatakan dalam mengejar transformasi digital, Indonesia berbeda dengan negara lainnya. Kalau beberapa negara melakukan transformasi digital dimulai dengan perangkat desktop, Indonesia langsung melompat ke perangkat mobile.

“Bisa dilihat growth digitalnya dari 5 tahun ke belakang berkembang pesat banget. Itu jadi gambaran bagaimana serunya Indonesia jadi digital market,” ujarnya.

Baca Juga:Respon Kritik Megawati, Tokopedia: Hanya Menerima Penjual dan Fasilitasi Transaksi dari Indonesia

Selain potensi market yang harus tetap sehat, Herman memandang talenta digital pun perlu diperhatikan karena mereka yang memiliki growth mindset dan inovasi ke depannya. Inilah yang jadi salah satu dasar Tokopedia Start Summit 2021 kembali digelar.

sumber artikel : Selular. id