Sebuah Goa Baru Ditemukan Dikawasan Semanding, Tuban

moch akbar fitrianto

Sebuah Goa Baru Ditemukan Dikawasan Semanding, Tuban
Bagikan

Berita Tuban – Ada sebuah temuan goa baru di kawasan Tuban. Tepatnya di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Lokasinya ada di Areal tambang kapur. Tambang kapur ini milik seorang pengusaha asal Sidoarjo. Gua tersebut pertama kali ditemukan oleh Budi (25), seorang pekerja tambang. Saat itu, Budi menggergaji batu kumbung (kapur) bersama rekan kerjanya.

Tiba-tiba batu yang digergaji jatuh ke bawah dan terlihat lubang berisi air. Gua ini temukan seminggu lalu.

“Pada saat itu saya menggergaji bersama teman yang lain, tiba-tiba batunya ambruk ke bawah. Membentuk lubang seperti sumur berisi air,” kata Budi dikutip dari suaraindonesia.co.id, jejaring media suara.com, Minggu (27/6/2021).

Baca Juga  Sejarah Sego Boran Lamongan, Yang Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Karena penasaran, Budi dan rekannya langsung mengecek turun ke bawah dengan menggunakan tangga bambu dengan kedalaman sekitar 7 meter.

“Setelah cek di goa tersebut berisi air penuh gitu. Saya sendiri juga kurang tau apakah ada rongga-rongganya. Perkiraan kedalaman airnya 2 meter,” ungkapnya.

Sementara itu, Chief Instruktur Speleologi Indonesia, Nafik mengatakan, goa baru yang ditemukan ini memiliki aliran sungai bawah tanah yang belum diketahui ujungnya.

“Hari ini kita lakukan observasi penemuan gua baru yang kebetulan berada di areal tambang. Hasilnya ada resapan air bawah tanah, tetapi kita belum bisa masuk lorongnya karena tertutup air,” jelas Nafik.

Baca Juga  Capaian bagus, Jalur Mudik Lamongan 2024 Minim Kecelakaan

Nafik menyebut, ditemukan goa baru yang ada aliran sungai bawah tanah ini membuktikan bahwa Desa Jadi merupakan daerah tandon air bawah tanah di Kabupaten Tuban. Dan harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah untuk nilai konservasi.

“Untuk kedalaman goa dari permukaan sekitar 25 meter, kalau dari titik tambang kedalaman mencapai 7 meter, dan kedalaman air variatif sekitar 2 meter. Sementara ini lebar gua sekitar 3 meter,” katanya.

Bagikan

Also Read