Berita Jatim Unair Mulai Ujian Jalur Mandiri, Pastikan Semua Peserta Sehat dan Taat Protokol Kesehatan

Nur Chafshoh

Berita Jatim Unair Mulai Ujian Jalur Mandiri, Pastikan Semua Peserta Sehat dan Taat Protokol Kesehatan
Bagikan

[ad_1]

Surabaya (Rakyatnesia) – Universitas Airlangga (Unair) mulai melaksakan ujian seleksi Mandiri secara offline, Sabtu (26/6/2021). Sebanyak 10.404 pendaftar akan mengikuti ujian ini dan tersebar dalam 10 sesi ujian dalam lima hari pelaksanaan ujian.

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair, Ach Solihin mengungkapkan dari jumlah pendaftar mandiri tersebut, 3.003 diantaranya merupakan pendaftar pemagang KIP-K. “Adanya pendaftar KIP K ini karena Unair memberikan kesempatan kepada masyarakat dari keluarga atau golongan tidak mampu yaitu pemegang KIP-K untuk mengikuti ujian mandiri ini,”urainya.

Dikatakan Solihin, kapasitas KIP-K di Unair yaitu 1.400 mahasiswa baru, tetapi kapasitas ini sudah terambil di jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sehingga tersisa sekitar 300 mahasiswa baru untuk jalur mandiri. “Tetapi kuota tersebut tergantung hasil tes peserta apakah memenuhi atau tidak dengan sebaran nilai peserta sesuai prodi yang dipilih,”lanjutnya.

Baca Juga  Capaian bagus, Jalur Mudik Lamongan 2024 Minim Kecelakaan

Sebaran nilai ini,dikatakan Solihin tergantung jumlah peserta yang memilih prodi tersebut dan daya tampung prodi. Jadi seleksi diambil berdasarkan nilai terbaik sebanyak daya tampung yang ada.

Sementara itu, daya tampung secara keseluruhan di kuota Mandiri yaitu 50 persen dari kapasitas karena Unair merupakan PTNBH. Tetapi karena Unair sudah menerima lebih di jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Sehingga daya tampung mandiri disediakan sekitar 2.800 mahasiswa baru, menyesuaikan daftar ulang SBMPTN. “Syarat utama ujian harus dalam kondisi sehat, salah satunya ditunjukkan dengan hasil rapid antigen negatif yang berlaku 3 hari sebelum ujian,”ujarnya.

Baca Juga  Alun Alun Ramai Sesak, Pada Anniversary Persela ke 57

Peserta juga harus mempersiapkan segala dokumen, mulai dari ijazah atau surat keterangan lulus dan kartu peserta. “Di ujian hari pertama ini ada satu peserta yang di tolak karena tidak menunjukkan hasil swab antigen. Dan berarti gugur karena kami tidak menyiapkan ujian susulan,”tegasnya.

Solihin mengungkapkan pihaknya tegas menerapkan prokes, seperti saat tes ujian SBMPTN. Mulai dari cek suhu tubuh, cuci tangan hingga masuk ruang ujian. “Kami juga menyediakan tim satgas yang memantau proses jalannya ujian sesuai prokes. Serta bekerjasama dengan satgas covid di tingkat universitas untuk berkoordinasi dengan puskesmas setempat,”pungkasnya.

Baca Juga  Ketua DPRD Abdul Ghofur Bakal Calonkan Diri Sebagai Pemimpin Lamongan Di Pilkada Mendatang

Qur’annisa Ainnayah Achmar, alumnus SMAN 1 Makassar mengungkapkan ia sudah mencari informasi tentang fasilitas yang dimiliki Unair sebagai kampus yang memiliki Fakultas Kedokteran. Iapun sudah menyiapkan diri sejak awal untuk mengikuti ujian secara offline. “Karena sudah ingin belajar mandiri, sejak awal saya sudah siap-siap untuk tes offline. Termasuk menyiapkan tes rapid antigen dan isolasi mandiri supaya tidak sakit,” tegasnya. [kun]

sumber artikel : berita jatim.com

Bagikan

Also Read