Target Ekspor, Nelayan Lamongan Kembangkan Budidaya Rajungan

2

Berita Lamongan – Nelayan Lamongan Ingin mengembangkan budidaya perikanan dan tambak, Melanjuti hal ini Pemkab Lamongan bersama dengan Balai besar Perikanan budidaya air payau (BPAB) Jepara melakukan kerja sama.

Kerjasama itu diwujudkan dengan pemberian bantuan benih rajungan sebanyak 30 ribu ekor kepada Kelompok Nelayan Maju Makmur Desa Kemantren Kecamatan Paciran Lamongan.

Bantuan puluhan ribu bibit rajungan itu diserahkan oleh perwakilan BPBAP Jepara, Usman kepada Kepala Dinas Perikanan Lamongan, Heruwidi mewakili pembudidaya rajungan, Jumat (26/6/2020).

Mengapa harus ada budidaya rajungan ?

Baca juga : Satpol PP Amankan 8 Purel Di Dua Kafe Di Kembangbahu Lamongan

Usman mengatakan, rajungan merupakan jenis ikan premium kelas eksport. “Tentu harganya juga lebih mahal , ” katanya.

Budidaya rajungan mempunyai peluang ekspor yang cukup besar dan menguntungkan karena negara tujuan ekspor Amerika, sudah mulai membuka hasil ikan tangkapan maupun budidaya rajungan dari Indonesia .

Oleh sebab itu penguatan dan pemberdayaan pembudidaya dan petani ikan harus terus dikembangkan agar kesejahteraan masyarakat meningkat ditengah upaya memutus mata rantai covid 19 di Lamongan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Lamongan, Heruwidi langsung menyerahkan bibit rajungan kepada Ketua Kelompok Nelayan Dessa Kemantren, Miftahurrahim.

Tiga puluh ribu ekor rajungan tersebut kemudian disebar secara seremonial di atas lahan seluas 3 hektare.

“Ini adalah kegiatan inovatif dan produktif pada situasi new normal disaat pandemi Covid -19 , ” kata Heruwidi.

Heruwidi menambahkan, pada tata kehidupan baru ini, semua pihak, utamanya nelayan atau yang berkecimpung pada budidaya ikan tidak boleh pasif.

Baca juga : Jatuh Cinta Dengan Purel, Pria Lamongan Ini Tega Hajar Seorang Juru Parkir

“New normal kita tidak boleh pasif dan mandek tapi harus tetep aktif dan produktif dengan memperhatikan protokol Covid – 19, ” katanya di hadapan sejumlah pengurus kelompok nelayan.

Heruwidi juga memompa semangat para nelayan untuk tetap menumbuhkan rasa bertanggung jawab atas tumbuh kembangnya ekonomi masyarakat dengan suplay dan produksi harus tetep jalan .

Heruwidi meminta masyarakat nelayan tangkap, nelayan budidaya dan para nelayan yang lain terus hidup aktif dan produktif.

“Patuhi protokol Covid 19, pakai masker, sosial distancing, olahraga, makan ikan cukup agar imunitas tubuh kuat dan sanggup melawan Corona, ” pungkasnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More