Bupati Bojonegoro Kunjungan Lapang Kelompok Peternakan dan Perkanan di Desa Trembes, Malo

Sukisno

Bupati Bojonegoro Kunjungan Lapang Kelompok Peternakan dan Perkanan di Desa Trembes, Malo
Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah Bersama Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro Catur Rahayu laksanakan kunjungan lapang ke Kelompok Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro 2020 yang berada di Desa Trembes, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Kamis (25/6/2020).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro Catur Rahayu dalam sambutanya  mengatakan, bahwa ada beberapa Langkah  yang akan dilakukan untuk penguatan kelembagaan peternak dan perikanan di Kabupaten Bojonegoro ini.

Langkah penguatan yang perlu dilaksanakan dalam kelembagaan penguatan peternakan dan perikanan, diantaranya dengan melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada kelompok dan memfasilitasi permodalan dengan lembaga keuangan.

Selain itu, dengan memfasilitasi kelompok untuk mendapatkan program dan memberikan akses pelayanan di bidang kesehatan hewan.

Pada kesempatan tersebut, telah dilakukan pembinaan untuk Cluster III Wilayah Trucuk terdapat 6 Kelompok Tani Ternak, 5 Kelompok Perikanan, Malo 20 Kelompok Tani Ternak, 3 Kelompok Perikanan, dan Kasiman 18 Kelompok Tani Ternak 2 Kelompok Perikanan.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muawanah menyatakan bahwa tahun ini Kabupaten Bojonegoro memperoleh urutan ternak nomor 8 Se-Jawa Timur. Salah satunya adalah pilar ketahanan ekonomi yang berbasis rumahan, komunal, kampung, desa, pertanian, peternakan dan perikanan.

Atas dasar itu Bupati meminta kepada Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan untuk membentuk kelompok ternak dan budidaya ikan di setiap desa.

“Membentuk kelompok ternak dan budidaya ikan di setiap desa, bukan hanya nama melainkan kelompok tersebut, bertanggung jawab untuk menguatkan ketahanan pangan di Bojonegoro. Jika ketahanan pangannya kuat maka kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,” ungkap Bupati Wanita pertama di Bumi Angling Dharma itu, Kamis (25/6/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Trembes, Camat Malo beserta Forkopimcam Malo, Peserta Pembinaan Kelompok Ternak dan Perikanan Kecamatan Trucuk, Malo, dan Kasiman.

**(Kis/Red).

 

Bagikan

Also Read