Menkes: Profesi bidan mendominasi pelayanan kesehatan di Indonesia

Nur Chafshoh

Menkes: Profesi bidan mendominasi pelayanan kesehatan di Indonesia
Bagikan

[ad_1]

Jakarta (rakyatnesia) – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan profesi bidan masih mendominasi dalam pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat bila dibandingkan dengan profesi tenaga kesehatan lainnya.

“Bidan sangat dekat sekali kepada masyarakat. 82 persen pelayanan antenatal dilakukan oleh bidan, 62 persen persalinan ditolong oleh bidan dan 64,1 persen pelayanan keluarga berencana (KB) dilakukan oleh bidan. Dalam hal ini para bidan sebagai pemberi layanan terbanyak dibanding tenaga kesehatan lainnya,” katanya, dalam webinar puncak Peringatan Hari Jadi Ke-70 Ikatan Bidan Indonesia yang digelar secara virtual dan dipantau di Jakarta, Kamis.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Budi mengatakan peran bidan pada program pencegahan kematian ibu dan anak serta kesehatan reproduksi perlu terus dioptimalkan sesuai program prioritas pemerintah dalam rangka menurunkan kematian ibu dan bayi di Indonesia.

“Kebijakan kita saat ini adalah pelayanan antenatal care minimal enam kali dengan dua kali pemeriksaan oleh dokter umum, persalinan oleh tim di fasilitas pelayanan kesehatan untuk memastikan diberikan pelayanan keluarga berencana pascapersalinan pada semua ibu yang melahirkan,” katanya.

Budi mengatakan kolaborasi dokter dan perawat merupakan suatu keniscayaan mengingat jumlah bidan saat ini mencapai 202.309 orang.

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

“Kedekatan bidan di masyarakat harus kita manfaatkan serta optimalkan dengan dukungan Ikatan Bidan Indonesia untuk para bidan di Indonesia mempunyai komitmen untuk kualitas pelayanan bidan pada penguatan layanan primer,” katanya.

Dalam sambutannya Budi juga mengapresiasi peran seluruh bidan di Indonesia, terutama yang bekerja di daerah yang sangat terpencil serta daerah perbatasan dan kepulauan.

“Terima kasih karena telah membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam pelayanan,” kata Budi.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © rakyatnesia 2021

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2230330/menkes-profesi-bidan-mendominasi-pelayanan-kesehatan-di-indonesia

Bagikan

Also Read