Suara Burung Prenjak, Cara Merawat Dan Jenisnya

moch akbar fitrianto

Suara Burung Prenjak, Cara Merawat Dan Jenisnya
Bagikan

Pet Lovers Rakyatnesia – Burung prenjak salah satu burung yang banyak ditemui di alam Liar Indonesia, meskipun begitu ternyata burung ini banyak peminatnya. Entah itu sebagai pemikat Suara Burung prenjak nya sebagai masteran.

Burung ini memiliki panjang mulai dari paruh sampai dengan ekor kira – kira 10 – 15 cm, Dengan berbagai jenis yang ada diseluruh dunia tidak hanya Indonesia. Totalnya 27 jenis.

Nah dari 27 jenis ini, ternyata 7 jenis burung prenjak hidup di Indonesia dengan masing – masing ciri khas dan keunikannya, Selain bentuk tubuhnya yang kecil dan unik, burung prenjak terkenal dengan suaranya yang merdu atau gacor. Itulah sebabnya burung kecil ini tergolong sangat populer di indonesia.

Apakah mau tau jenis jenis burung prenjak yang ada di Indonesia, berikut akan saya bagikan buat kalian sebelum membahas cara merawat burung prenjak dan download suara prenjak.

Jenis Jenis Burung Prenjak Di Indonesia

Prenjak Jawa (Ciblek)

Prenjak jawa atau ciblek mungkin menjadi jenis prenjak yang paling sering dilihat. Biasanya kedatangan burung dengan ukuran 12cm ini ditandai dengan datangnya “dayoh” atau tamu.

Merawat ciblek tidaklah sulit dan tidak butuh perlakuan khusus, yang terpenting makanan harus diperhatikan. Jika burung hasil tangkapan, jangan langsung diberi pur, berikan serangga-serangga kecil seperti belalang atau kroto akan lebih cocok.

Untuk merawat burung ciblek sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu memberikannya makan secara rutin dan merawat kebersihannya serta kandang dan juga tempat pakan.

  • Prenjak Kepala Merah

Prenjak kepala merah lebih sering ditemukan di sekitar hutan dan rumpun bambu. Jenis ini termasuk yang paling populer karena suaranya merdu, panjang, dan juga sangat jelas.

Bagi kamu yang ingin memelihara burung yang sangat pandai dalam membuat sarang ini, perlu telaten. Makanan, penjemuran, tempat menaruh, dan juga mandinya, perlu diperhatikan.

  • Prenjak Tebu

Persis seperti namanya, jenis ini sering dijumpai di kala panen tebu hampir tiba. Tubuhnya yang ramping dengan warna kuning cerah serta suaranya yang merdu, menjadikan jenis prenjak tebu sangat disukai.

Dalam hal perawatan, tidak jauh berbeda dengan prenjak kepala merah. Hanya saja, jika mau kicaunya lebih sering bisa diberi makanan berprotein.

Kamu bisa memilih ulat hongkong atau jangkrik, kandungan protein keduanya lebih besar dibandingkan kroto. Penambahan pur juga perlu sebagai asupan vitamin dan juga kalsium.

  • Prenjak Gunung

Apabila kamu memperhatikan sekilas, prenjak gunung cukup mirip dengan prenjak jawa. Warna burung yang kerap ditemukan di hutan ini agak keabu-abuan di bagian kepala dan punggung.

Kicau prenjak gunung tidak terlalu rapat namun, untuk hiburan di rumah suara merdunya juga enak, lho. Terlebih lagi, untuk perawatan juga tidak terlalu spesial, sama seperti prenjak-prenjak lain.

  • Prenjak Lumut

Prenjak lumut jantan sangat digemari karena suara kicaunya yang nyaring, melengking dan tidak monoton. Apabila dilihat sekilas, mungkin kamu akan mengira bahwa ini prenjak kepala merah.

Hal ini karena bagian kepala prenjak lumut berwarna merah mirip seperti prenjak kepala merah. Walaupun sedikit mirip namun, jika diperhatikan keduanya akan jelas perbedaanya.

Untuk merawat burung ini susah-susah gampang, mirip seperti prenjak kepala merah. Untuk makanan burung prenjak sendiri juga sama, lebih baik diberi campuran serangga dan pur.

  • Prenjak Emas

Prenjak emas bisa dibilang merupakan jenis burung prenjak yang paling mudah dibedakan. Alasannya karena, burung ini memiliki warna kepala hingga badan yang mencolok sehingga, mudah diidentifikasi.

  • Prenjak Alang-Alang

Prenjak alang-alang memiliki suara kicau yang rapat, dan cenderung unik. Meskipun rapat, kicau burung juga tetap bisa panjang sehingga, sangat menarik para pecinta burung di seluruh nusantara.

Membahas mengenai perawatan, tidak jauh berbeda dengan jenis burung prenjak lain. Masalah makanan, penempatan, jemur, dan juga mandi sangat perlu diperhatikan.

Nah itu tadi beberapa jenis burung Prenjak yang banyak ditemui Di Indonesia, sekarang membahas soal merawat suara Burung Prenjak dengan mudah. Sudah gak sabar kan simak berikut ini.

Cara Merawat Burung Prenjak

Gantung ditempat sepi

Suara burung prenjak

Apabila anda baru mendapat burung prenjak dari alam bebas, sebaiknya gantung sangkar ditempat yang nyaman dan sepi, serta terhindar dari gangguan binatang predator lain, tujuannya agar prenjak merasa nyaman dan segera beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Sangkar full kerodong

Usahakan sangkar dalam keadaan full kerodong untuk 3-4 hari pertama, cara ini bertujuan agar prenjak tidak mudah kaget , sehingga merasa nyaman dan cepat beradaptasi, sebab prenjak yang baru didapat biasanya kelabakan dan nabrak-nabrak sangkar saat melihat manusia.

Makanan selalu tersedia

Cara merawat Burung Prenjak

Makanan burung prenjak saat dialam bebas adalah serangga kecil, jadi untuk prenjak hasil tangkapan liar harus anda kasih makan serangga, seperti ulat kandang, Ulat hongkong, jangkrik yang kecil, Kroto dan yang lainnya.

Biarkan prenjak mandi sendiri

Prenjak yang baru didapat jangan terburu-buru dimandikan, sebab prenjak masih dalam kondisi stres, tugas anda cukup menyediakan makan dan minum saja, untuk air minumnya gunakan cepuk yang agak besar, agar sekalian bisa untuk mandi.

Ajari prenjak makan pakan konsentrat (fur)

Jika sudah 4 atau 5 hari, dan prenjak sudah mulai beradaptasi dengan lingkungan barunya, anda bisa mulai mengajarinya untuk makan pakan konsentrat, caranya adalah campur makananya/serangga dengan pakan konsentrat.

Usahakan untuk menambah porsi pakan konsentrat sedikit demi sedikit setiap harinya sampai prenjak mau makan pakan konsentrat secara total.

Yang perlu diperhatikan, walapun prenjak sudah mau makan pakan konsentrat secara total, prenjak harus tetap diberi makan serangga, karena serangga adalah makanan utamanya.

Rawatlah prenjak dengan tepat

Apabila semua langkah tersebut diatas sudah anda lakukan dan behasil, langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan harian dengan tepat agar prenjak mampu berkicau sesuai yang anda inginkan.

Baca juga :

Download suara Burung Prenjak

Nah Setelah melakukan perawatan diatas dan prenjak tangkapan milik anda sudah jinak dan siap di mastering, kalian bisa menggunakan Suara Prenjak Mp3 Yang akan saya bagikan untuk semua.

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa saya bagikan untuk anda tentang burung prenjak, mulai dari jenis burung prenjak, cara merawat burung prenjak dan juga Download Suara Burung Prenjak Lengkap. SEmoga artikel ini bisa membantu anda mengetahui dan merawat Prenjak dengan lebih bagus lagi.

Bagikan

Also Read