Hadiri HUT Ke-23 Apkasi, Mendagri Tito Karnavian Ajak Bupati Bangkitkan Sektor Swasta dan UMKM , Kabar Terkini

Rakyatnesia – Hadiri HUT Ke-23 Apkasi, Mendagri Tito Karnavian Ajak Bupati Bangkitkan Sektor Swasta dan UMKM Pencarian perihal Berita Nasional di dunia maya kian banyak dijalankan masyarakat Indonesia, sedangkan sesungguhnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Hadiri HUT Ke-23 Apkasi, Mendagri Tito Karnavian Ajak Bupati Bangkitkan Sektor Swasta dan UMKM ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memandang atau membacanya. Jika anda suka dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mendorong para bupati untuk terus membangkitkan sektor swasta dan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) guna mewujudkan daerah yang mandiri secara fiskal. Ini disampaikan dalam syukuran hari ulang tahun ke-23 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang berlangsung di Kebumen, Kamis (22/06).

Mendagri Tito menyinggung soal Pilkada Serentak 2024. Ia mengingatkan bahwa spirit dari pilkada serentak ini adalah adanya semangat keserentakan agar memudahkan singkronisasi antar pusat dan daerah.

“Di tengah jalannya pemerintahan ini ada kepala daerah yang baru masuk, sehingga ini tidak seragam masa bhaktinya. Di sinilah nantinya spirit pilkada serentak ini akan memudahkan sinkronisasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional dengan di Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah yang mencakup sebanyak 552 daerah di seluruh tanah air,” katanya.

Tito mengakui menjelang pilkada serentak tahun depan, memunculkan konsekuensi adanya Penjabat atau Pj untuk mengisi kekosongan para kepala daerah yang habis masa bhaktinya.

Baca Juga: UKI dan Timor Leste Kembangkan Program Internasional

“Hikmahnya, kita sudah memulai sistem otonomi daerah sejak 1999 yang ditandai dengan terpilihnya kepala daerah hasil pemilihan langsung dengan dampak positif dan negatif. Inilah real test yang akan menentukan sistem politik otonomi daerah kita ke depannya seperti apa, mana yang lebih efektif dan efisien serta membawa perubahan besar,” ujarnya.

Tito juga mengingatkan esensi otonomi daerah bukan hanya pemekaran wilayah namun bagaimana daerah bisa melaksanakan wewenang yang didelegasikan dari pusat. “Serta ujungnya adalah daerah bisa mandiri secara fiskal,” katanya.

Kemandirian fiskal ini, lanjut Tito, menjadi tantangan bagi para kepala daerah. Kuncinya adalah bagaimana menerapkan startegi meningkatkan pendapatan asli daerah dan menghemat anggaran dengan prinsip efektif-efisien serta tepat sasaran. Khusus strategi meningkatkan PAD ini, Tito menggarisbawahi agar para kepala daerah bisa menghidupkan sektor swasta dan UMKM.

Ia berujar, “Daerah-daerah yang tidak bisa menghidupkan sektor swasta dan UMKM, dia tidak akan pernah bisa mendapatkan PAD tinggi. Berikan insentif kepada para investor yang akan masuk dan permudah ijin usahanya. Tinggalkan mindset lama yang bilang kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah.”

Baca Juga: Jateng Tawarkan 21 Proyek Investasi pada CJIBF 2023: Infratruktur, Energi hingga Pariwisata

Sementara itu Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mewakili teman-teman Bupati memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada Mendagri Tito Karnavian, yang telah hadir memenuhi undangan dan selalu mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Apkasi.

“Bahkan, jika kami meminta untuk audiensi kepada Pak Menteri, selalu diberikan waktu walau beliau sibuk menjalankan tugas-tugas Negara. Hal ini menandakan, bahwa Pak Menteri sangat sayang dan sangat memberikan perhatian kepada kami saat membutuhkan solusi atas permasalahan-permasalahan daerah yang kami hadapi,” imbuh Bupati Dharmasraya ini.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sutan Riska melaporkan bahwa pada 20-22 Juli 2023 bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Kabupaten Tangerang, Apkasi akan menyelenggarakan Pemeran Perdagangan, Pariwisata dan Investasi bertajuk Apkasi Otonomi Expo Tahun 2023. Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan dilaksanakannya Rapat Kerja Nasional ke-15 Apkasi pada tanggal 20 Juli 2023.

Dikutip dari Jawa Pos

Exit mobile version