Erick Thohir: Stok obat antiviral penanganan COVID tersedia dan aman

Nur Chafshoh

Erick Thohir: Stok obat antiviral penanganan COVID tersedia dan aman
Bagikan

[ad_1]

Adapun obat Favipiravir atau dulu yang sempat ngetop dengan nama Avigan juga stoknya setelah dicek, di mana obat ini diproduksi oleh Kimia Farma, masih dalam kondisi stok yang baik

Jakarta (rakyatnesia) – Menteri BUMN Erick Thohir memastikan stok obat-obatan antiviral untuk penanganan COVID-19 produksi holding BUMN farmasi tersedia di tengah kasus pandemi yang melonjak.

“Tentu pada hari ini kenapa saya ingin mengecek status daripada obat-obatan yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan BUMN. Untuk Indofarma sendiri yakni Oseltamivir Alhamdulillah stoknya masih cukup tersedia,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin.

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

Dengan demikian, lanjut Menteri BUMN Erick Thohir, untuk obat antiviral dalam ketersediaan yang baik.

“Adapun obat Favipiravir atau dulu yang sempat ngetop dengan nama Avigan juga stoknya setelah dicek, di mana obat ini diproduksi oleh Kimia Farma, masih dalam kondisi stok yang baik,” kata Erick Thohir.

Baca juga: Pemerintah batasi operasi mall-restoran hingga jam 8 malam mulai besok

Ia juga menambahkan untuk obat yang jumlahnya dalam kondisi agak terbatas saat ini yakni Remdesivir. Namun, lanjutnya, mudah-mudahan dalam waktu dekat yakni masih bulan Juni pihaknya sudah mulai melakukan pengadaan lagi sehingga akan ada stok baru lagi. Dengan demikian ketersediaan obat-obat antiviral tersebut bisa menjadi stabilitas.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

“Tentu kita juga sedang mengurus bagaimana seperti Oseltamivir dan Favipiravir, kita bisa produksi sendiri untuk obat Remdesivir. InsyaAllah di Bulan September kita sudah mendapatkan lisensi sehingga bisa menjaga kebutuhannya,” ujar Erick Thohir.

Sebelumnya total penambahan kasus Corona pada Sabtu (19/6/2021) di seluruh Indonesia sebanyak 12.906. Sementara itu Total kasus Corona yang ditemukan di Indonesia sejak Maret 2020 hingga hari ini hampir mencapai 2 juta kasus, tepatnya sebanyak 1.976.172 kasus.

Baca juga: Minggu, kasus COVID-19 harian Jakarta kembali pecahkan rekor

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © rakyatnesia 2021

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2223682/erick-thohir-stok-obat-antiviral-penanganan-covid-tersedia-dan-aman

Bagikan

Also Read