Ponpes Karangasem dan Ponpes Al-Islah Paciran Jadi Pelopor Pondok Tangguh

moch akbar fitrianto

Ponpes Karangasem dan Ponpes Al-Islah Paciran Jadi Pelopor Pondok Tangguh
Bagikan

Berita Lamongan – Pencegahan persebaran Covid-19 masih terus dilakukan di Lamongan, dan hal tersebut tidak hanya berlaku di Desa atau kota saja, di Dua POndok Pesantrean Di Paciran, Kab Lamongan juga menerapkan pencegahan dengan menjadi Ponpes Tangguh tanggap Covid-19.

Adalah Ponpes Karangasem dan Ponpes Al-islah Paciran. Kapolres Lamongan AKBP Harun mengungkapkan Polri dan TNI ikut menguatkan program pencegahan penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan mendukung pembentukan Ponpes Tangguh

Ponpes Tangguh ini, menurut Harun, merupakan bagian dari konsep pengembangan Kampung Tangguh yang sudah dilaksanakan sebelumnya di puluhan desa di semua kecamatan di Lamongan.
“Role model ini kami kembangkan sebagai upaya pencegahan COVID-19. Kami tahu Ponpes merupakan tempat yang mempunyai kekuatan untuk patuhi protokol kesehatan,” kata Harun saat peresmian ponpes tangguh ini di Ponpes Karangasem, Kecamatan Paciran, Sabtu (13/6/2020).

Baca Juga  Ketua DPRD Abdul Ghofur Bakal Calonkan Diri Sebagai Pemimpin Lamongan Di Pilkada Mendatang

Baca juga : Pria Lamongan Ini Tega Tinggalkan Wanita Yang Dihamilinya Dan Memilih Nikah Siri…

Harun meminta para santri benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Karena, para santri juga akan keluar dari pondok untuk berinteraksi dengan masyarakat di areal publik.

“Kami ingin membangun disiplin di lingkungan Ponpes. Kalau sudah disiplin di lingkungan, mereka akan terbiasa disiplin saat berada di areal publik dan menjadi contoh masyarakat lainnya,” ujarnya.

Bupati Lamongan Fadeli yang bersama anggota Forkopimda dan Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 (GTPPC) Lamongan meresmikan 2 Ponpes Tangguh secara langsung. Fadeli menyebut, 2 ponpes yang dijadikan ponpes tangguh ini adalah ponpes yang sudah siap untuk melanjutkan proses belajar mengajar.

“Kami berharap Ponpes Tangguh di wilayah Paciran ini menjadi percontohan Ponpes Tangguh yang ada di Lamongan. Pada prinsipnya puluhan Ponpes di Lamongan siap menyelenggarakan proses belajar kembali saat pemberlakuan normal baru di masa pandemi COVID-19,” terangnya.

Baca Juga  Sejarah Sego Boran Lamongan, Yang Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Baca juga : Desa Siser, Laren Dapat Kesempatan Menikmati Program MPPI oleh ACT dan POKTAN…

Fadeli juga meyakini kalau santri Ponpes lebih mudah menjalankan protokol kesehatan selama proses belajar berlangsung. Fadeli juga mendapati tiap Ponpes juga telah menyiapkan tempat karantina untuk para santri yang baru datang, termasuk mempersiapkan semua kebutuhan untuk protokoler kesehatan dan kedatangan para santri juga bisa dijadwalkan secara bergelombang sehingga menghindari penumpukan saat tiba di pondok.

“Santri datang ke Ponpes harus dalam kondisi sehat. Sementara Ponpes juga memiliki alat ukur suhu, sehingga kedatangan santri terpantau suhu badannya,” katanya.

Apa yang diungkapkan Fadeli sejatinya telah disepakati saat digelar rapat bersama perwakilan pengasuh Ponpes pada Jumat lalu (5/6/2020) di Pendopo Lokatantra. Sementara, Pengasuh Ponpes Karangasem, KH Hakam Mubarok yang menerima rombongan bupati mengaku siap dengan proses pembelajaran di Ponpes yang dipimpinnya.

Baca Juga  Alun Alun Ramai Sesak, Pada Anniversary Persela ke 57

Baca juga : Aksi Sosial Dari Diaspora Muda Lamongan, Untuk Para Tenaga…

“Prinsipnya kita sudah siap. Dan segalanya telah dipersiapkan menyambut kedatangan para santri, ” katanya seraya menambahkan sudah dipersiapkan klinik dan ruang isolasi.

Selain meresmikan 2 Ponpes Tangguh, Fadeli dan rombongan juga meresmikan 3 kampung tangguh di Brondong, Paciran, serta Maduran menyusul puluhan Kampung Tangguh yang terbentuk sebelumnya. Ponpes Tangguh dan Kampung Tangguh ini bagian upaya mencegah penyebaran COVID-19 menghadapi new normal atau tata kehidupan baru di masa pandemi COVID-19 ini.

Selain Bupati dan Kapolres Lamongan, peresmian Ponpes Tangguh di wilayah Paciran ini juga dihadiri Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono, Sekkab Yuhronur Efendi serta anggota rombongan lainnya.

Bagikan

Also Read