Di Bojonegoro, Diterapkan Kembali Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan Pemberlakuan Jam Malam, Guna Menekan Jumlah Kasus Covid-19

316

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemkab Bojonegoro kembali menerapkan aturan pembatasan kegiatan masyarakat. Hal itu, untuk menekan jumlah kasus Covid-19.

Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat itu, sesuai dengan surat himbauan pembatasan kegiatan yang dikeluarkan Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, Sabtu (19/6/2021).

Menurut Juru Bicara Tim Gugus Satgas Penanganan Covid-19 Pemkab Bojonegoro, Masirin, surat itu menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2021 tentang pemerlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19.

“Ada 9 poin penting dalam isi surat tersebut,” kata Masirin yang sehari-aktif sebagai Kabag Humas dan Protokol Setda Bojonegoro, Sabtu (20/6/2021).

Lanjut Masirin, bahwa pembatasan kegiatan masyarakat diantaranya hajatan, resepsi pernikahan dan kegiatan keagamaan atau kegiatan lain yang menimbulkan keramaian dan kerumuman. Pemkab juga kembali menerapkan jam malam yang dimulai tanggal 20 hingga 29 Juni mendatang.

“Pusat perbelanjaan, mall dan toko modern boleh buka hingga pukul 21.00 WIB. Tempat usaha makan dan minum, di atas pukul 21.00 WIB, hanya boleh melayani pesan antar atau dibawa pulang,” terang Masarin.

Sementara untuk kegiatan di tempat ibadah dilakukan pembatasan kapasitas 50 persen dengan penerapan protokol kesehatan. Untuk fasilitas umum diizinkan buka dengan pembatasan 50 persen.

Ditambahkan. sedang untuk kegiatan seni budaya yang dapat menimbulkan kerumuman diizinkan dibuka maksimal 25 persen dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Para Kepala Desa dan Lurah melalui posko desa atau posko kelurahan menyiapkan tempat karantina bagi masyarakat yang melakukan perjalanan lintas provinsi, kabupaten atau kota tanpa memiliki dokumen administrasi perjalanan. Karantina mandiri dilakukan selama 5 x 24 jam,” kata Masirin menegaskan.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More