DPMD dan DKP Provinsi Jatim Tebar Benih Ikan di Waduk Rowo Glandang, Gading, Tambakrejo

6

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Keberadaan Obyek Wisata Waduk Rowo Glandang, yang berada di Desa Gading, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojongoro, Jawa timur, mengundang perhartian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, sehingga memberikan bantuan benih ikan lokal sebanyak 100 ribu ekor.

Bantuan benih ikan tersebut ditebar secara bersama oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jatim, Mohammad Yasin bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jatim, Mohammad Gunawan Saleh, Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, Imam Suprayogi, Forkompimcam Tambakrejo, Kepala Desa dan masyarakat Gading, Jum’at (19/6/2020).

“Atas nama pemerintah desa dan masyarakat Gading, saya mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Bantuan benih sangat mendukung keberadaan Wisata Waduk Rowo Glandang,” demikiian disampaikan Kades Gading Surandi.

Lanjut Surandi, bantuan tersebut memberikan motivasi kepada Pemerintah desa (Pemdes) Gading bersama lembaga desa dan warganya, untuk memanfaatkan Waduk Rawa Glandong sebagai tempat wisata air yang mampu meningkatkan perekonomian warganya.

Masiih menurut Surandi, pihaknya bertekad mengembangkan potensi yang ada untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Dengan memanfaatkan Waduk Rowo Glandang, Pemdes Gading ingin menjadikan tempat tersebut sebagai tempat wisata air dan pemancingan ikan.

“Untuk pengelolaan Wisata Rawa Glandong diselenggarakan berkat kerjasama BUMDes dengan  Karang Taruna Desa Gading,” kata Kepala Desa Gading, Surandi, menegaskan.

Camat Tambakrejo, Harry Kristanto berharap keberadaan Wisata Waduk Rowo Glandang ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan sebagai destinasi alternatif terutama saat masa pandemi Covid-19 seperti ini sementara lebih aman berwisata di tempat sendiri (wisata lokal).

“Saya harapkan wisata ini dikembangkan lagi sehingga bisa menumbuhkan usaha baru yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata pria yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Umum dan Keuangan Setkab Bojonegoro itu.

Menurut Harry yang tidak kalah pentingnya lagi embung tersebut juga dapat dimkasimalkan untuk kebutuhan pertanian.

“Waduk Rawa Glandang diharapkan bisa meningkatkan produktivitas pertanian,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, Imam Suprayogi menambahkan, bahwa pihaknya telah menabur benih ikan sebanyak 750 ribu ekor yang tersebar di 56 waduk yang menyebar di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat Gading ini. Yang tak kalah pentingnya, Waduk ini mampu memberikan pengairan dan pertanian di desa Gading ini,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Rawa Glandong dimanfaatkan untuk kebutuhan pengairan bagi persawahan. Di wisata Waduk Rowo Glandang terdapat sejumlah permainan anak-anak, beberapa warung dan tempat pemancingan. Lokasi wisata desa ini, ramai dikunjungi masyarakat di saat hari libur, yakni hari Sabtu dan Minggu.

**(Yanto/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More