Sandiaga Uno optimistis produk kain tenun Bima tembus pasar ekspor

Nur Chafshoh

Bagikan

[ad_1]

Bima (rakyatnesia) – Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis produk rumahan hasil tenun tradisional masyarakat Ntobo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, mampu menembus pasar ekspor.

“Saat ini produksi tenun tradisional sudah melibatkan ratusan penenun dari masyarakat. Pasarnya sudah ke Lombok sampai ke Jakarta. Insya Allah, produk ini akan kita bawa ke pasar ekspor,” kata Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke kampung tenun di Ntobo, Kabupaten Bima, Minggu.

Selain melihat dari segi kualitas yang dianggapnya mampu bersaing dengan produk ekspor lain, produk tenun tradisional masyarakat Ntobo ini juga punya daya jual yang khas, yakni coraknya beragam.

Baca Juga  Siapa Mio Mirza Dan Apa Itu ?, Viral Banget di Tiktok

“Kita akan dukung produk-produk kreatif yang dari Bima ini bisa dipasarkan hingga kancah internasional,” ujarnya.

Salah satu bentuk dukungan dalam memasarkan produk tenun tradisional khas Bima, Sandiaga Uno mengatakan, Kemenparekraf akan menggeliatkan pemasarannya melalui konten-konten kreatif maupun penjualan via daring.

“Dengan konten kreatif dan penjualannya secara online, kita pastinya bisa tembus pasar ekspor,” ucap dia.

Dia juga berharap kepada seluruh pihak, khususnya masyarakat lokal untuk membantu memasarkan produk tenun tradisional ini dengan memanfaatkan media sosial yang ada.

Baca Juga  Hasil Penghitungan Suara Anis, Prabowo Dan Ganjar, terbaru 13 Maret 2024

“Pandemi COVID-19 ini memaksa kita untuk meningkatkan keterampilan. Bukan hanya membuat, tetapi juga menjual melalui ‘online’ dan menciptakan konten kreatif. Jadi mari kita dukung, karena ini peluang untuk membangkitkan ekonomi kita, menggerakkan ekonomi rakyat, dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” kata Sandiaga Uno.
Baca juga: LPEI pacu ekspor UMKM melalui pelatihan bagi eksportir baru

Baca juga: Teten Masduki lepas ekspor briket Makassar ke Jordania


 

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © rakyatnesia 2021

Baca Juga  Ungkap 3 Kasus Narkoba Berarti Polda Metro Jaya Bisa Selamatkan 16.380 Orang

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2208922/sandiaga-uno-optimistis-produk-kain-tenun-bima-tembus-pasar-ekspor

Bagikan

Nur Chafshoh

Penulis merupakan blogger asal Sidoarjo kelahiran Gresik. Sudah menjadi ibu rumah tangga dan anak 1, berusaha gigih belajar dan berbagi dengan menulis.Pendidikan, S1 Komunikasi Penyiaran Islam UINSA.

Related Post