Kapolda Jatim: Jelang Idul Adha, Antisipasi Wabah PMK

Sukisno

Kapolda Jatim: Jelang Idul Adha, Antisipasi Wabah PMK
Bagikan

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Jelang Hari Raya Idul Adha 2022, Kapolda Jatim Irjen Niko Alfinta menggelar rapat koordinasi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Forkopimda untuk mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan. Kegiatan digelar, Senin (13/6/2022).

Dikatakan, petama sudah bentuk Satgas, baik ditingkat Provinsi – Kabupaten – Kota. Satgas melibatkan unsur dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas pertanian, TNI Polrii, tokoh masyarakat.

Pertama Satgas melakukan edukasi dan sosialisasi terkait ciri-ciri PMK. Bagaimana cara penanganan dan bagaimana cara melaporkannya.

Kedua, pihaknya melakukan kegiatan pembukaan pos. Pos ada 82 titik di jalan-jalan utama. Petugas yang ada di pos ini nanti berfungsi melakukan pengecekan kalau ada kendaraan mengangkut hewan.

“ Yang dicek adalah surat keterangan sehat pada hewan.  Yang wajib dikeluarkan sebelum hewan itu berpindah atau dijual,” kata Kapolda Jatim Irjen Niko Alfinta menegaskan.

Ketiga yaitu pengobatan. Dilakukan tim yang dibentuk oleh Gubernur dan Kepala Daerah. Dengan memberikan obat obatan antibiotik, vitamin, obat penurun panas dan vaksinasi hewan.

“Kita masih menunggu vaksin. Kita selalu bekerja sama dengan TNI-Polri. Jadi wajib surat sehat tiap hewan yang akan brrgeser. Hal ini sudah disosialisasikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

**(Sumber: Bidhumas Polda Jatim/Red).

Bagikan

Also Read