Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Berita Jawa TimurFeatured

Kapolda Jatim: Jelang Idul Adha, Antisipasi Wabah PMK

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Jelang Hari Raya Idul Adha 2022, Kapolda Jatim Irjen Niko Alfinta menggelar rapat koordinasi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Forkopimda untuk mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan. Kegiatan digelar, Senin (13/6/2022).

Dikatakan, petama sudah bentuk Satgas, baik ditingkat Provinsi – Kabupaten – Kota. Satgas melibatkan unsur dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas pertanian, TNI Polrii, tokoh masyarakat.

Baca Juga  Kodim 0813 Bojonegoro Rakor Kesiapan Turnamen Liga Santri Piala KSAD 2022

Pertama Satgas melakukan edukasi dan sosialisasi terkait ciri-ciri PMK. Bagaimana cara penanganan dan bagaimana cara melaporkannya.

Kedua, pihaknya melakukan kegiatan pembukaan pos. Pos ada 82 titik di jalan-jalan utama. Petugas yang ada di pos ini nanti berfungsi melakukan pengecekan kalau ada kendaraan mengangkut hewan.

“ Yang dicek adalah surat keterangan sehat pada hewan.  Yang wajib dikeluarkan sebelum hewan itu berpindah atau dijual,” kata Kapolda Jatim Irjen Niko Alfinta menegaskan.

Baca Juga  Kapolres Bojonegoro Pimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Semeru 2022

Ketiga yaitu pengobatan. Dilakukan tim yang dibentuk oleh Gubernur dan Kepala Daerah. Dengan memberikan obat obatan antibiotik, vitamin, obat penurun panas dan vaksinasi hewan.

“Kita masih menunggu vaksin. Kita selalu bekerja sama dengan TNI-Polri. Jadi wajib surat sehat tiap hewan yang akan brrgeser. Hal ini sudah disosialisasikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga  Heboh Rendang Babi, Gubernur Khofifah: Kuliner Minang Itu Terkenal Lezat dan Halal

**(Sumber: Bidhumas Polda Jatim/Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku