Erick Thohir ajak lestarikan pantun sebagai warisan budaya Indonesia

Nur Chafshoh

Erick Thohir ajak lestarikan pantun sebagai warisan budaya Indonesia
Bagikan

[ad_1]

Lebih dari 1.000 tim peserta yang mengikuti, saya sudah menonton beberapa video finalis lomba, tidak disangka luar biasa kreatifitas dan inovasinya

Jakarta (rakyatnesia) – Menteri BUMN Erick Thohir mengajak semua pihak dan masyarakat untuk melestarikan pantun sebagai warisan budaya bangsa Indonesia.

Erick Thohir mengatakan, keberlangsungan warisan budaya bangsa termasuk berpantun ada di tangan kita semua, karena itu dirinya sangat mengapresiasi inisiatif Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional 2021 yang dilakukan oleh Balai Pustaka.

“Tentu hal ini harus kita lestarikan, ini budaya kita, sambil mengadaptasi dengan perkembangan zaman yang sekarang terus berubah,” ujar Erick dalam acara penganugerahan pemenang Piala Menteri BUMN untuk Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional 2021 di Jakarta, Kamis.

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

Menteri BUMN mengapresiasi dan berbahagia di mana semua pihak termasuk masyarakat berkumpul karena ikhtiar untuk melestarikan warisan budaya yang disukai bangsa Indonesia yakni berpantun.

Terlebih lagi kegiatan Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional 2021 ini diikuti oleh para milenial BUMN, perusahaan BUMN, dan tentunya berbagai komunitas di Indonesia. Dengan demikian ajang ini menjadi wadah ekspresi kreatifitas berbasis budaya yang saat ini langka di Indonesia.

“Lebih dari 1.000 tim peserta yang mengikuti, saya sudah menonton beberapa video finalis lomba, tidak disangka luar biasa kreatifitas dan inovasinya. Saya yakin semua peserta membuatnya dengan sungguh-sungguh dan menikmati proses kreatifnya. Semua saya anggap sebagai pemenang karena telah ikut melestarikan budaya berpantun,” kata Erick Thohir.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Menteri BUMN tersebut ingin Balai Pustaka menjadikan ajang Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional ini sebagai event tahunan, tentunya dengan format serta hadiah yang semakin menarik.

Budaya pantun telah dikukuhkan oleh UNESCO PBB sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia pada tanggal 17 Desember 2020.

Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional 2021 yang memperebutkan Piala Menteri BUMN digelar oleh PT. Balai Pustaka. Lomba ini berhasil memecahkan rekor dengan 1.085 peserta dari seluruh BUMN dan seluruh daerah di Indonesia, mulai dari Aceh sampai dengan Papua.

Adapun Juara 1 Pemenang Kategori Umum diraih oleh Tuah Pujangga Pekanbaru, Riau, kemudian untuk Juara 2 diraih oleh Sanggar Selembayung SMAN 4 Tanjungpinang, Kepulauan Riau dan Juara 3 oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Sedangkan Juara 1 Pemenang Kategori diraih oleh Kantor Cabang Bengkulu Bank BRI, kemudian untuk Juara 2 diraih oleh Sinergi Pekanbaru PLN dan Juara 3 oleh Karsa Telkom Jakarta.

Untuk penghargaan khusus yakni Kontingen dengan Tim Terbanyak diraih oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan penghargaan khusus Tim Ter-Kreatif oleh Karsa Telkom.

Baca juga: Erick Thohir dorong Balai Pustaka produksi konten menarik dan kekinian

Baca juga: Kemendes dan Balai Pustaka kerja sama Seribu Taman Bacaan Desa Digital

Baca juga: Balai Pustaka selenggarakan lomba berbalas pantun 2021

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © rakyatnesia 2021

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2203846/erick-thohir-ajak-lestarikan-pantun-sebagai-warisan-budaya-indonesia

Bagikan

Also Read