Luhut dorong inovasi untuk tingkatkan muatan balik tol laut

20



Luhut dorong inovasi untuk tingkatkan muatan balik tol laut 1

Program ini harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang wajar, sekaligus mendistribusikan produk-produk unggulan daerah ke daerah lain

Jakarta (rakyatnesia) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendorong adanya terobosan dan inovasi untuk bisa meningkatkan muatan balik tol laut.

Pasalnya, meski program tol laut yang berjalan sejak 2015 itu telah berjalan dengan baik dan rutenya terus bertambah, namun minimnya muatan balik kapal masih menjadi masalah. Akibatnya, tujuan utama untuk bisa menciptakan keseimbangan harga barang rakyatnesia Indonesia barat dan timur pun lambat tercapai.

“Terobosan dan inovasi masih sangat diperlukan utamanya dalam peningkatan muatan balik,” kata Luhut dalam Webinar Optimalisasi Muatan pada Program Penyelenggara Kewajiban Angkutan Barang di Laut (Tol Laut) di Jakarta, Kamis.

Menurut Luhut, pada pekan depan pihaknya akan merancang strategi tactical floor game untuk bisa mengatasi masalah muatan balik tol laut. Tactical floor game (TFG) merupakan taktik militer yang digunakan melalui koordinasi di lapangan oleh pihak dan instansi terkait.

Muatan balik tol laut akan berpengaruh dalam mendorong geliat perekonomian di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (T3P). Selain itu, juga akan memberikan efektivitas dan efisiensi pembiayaan distribusi logistik.

“Program ini harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang wajar, sekaligus mendistribusikan produk-produk unggulan daerah ke daerah lain,” ujarnya.

Sebagai unit pemerintah yang bergerak di bidang kemaritiman dan investasi, Kemenko Marves telah melakukan beberapa upaya untuk mengoordinasikan dan mengawasi penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik untuk angkutan barang. Kemenko Marves pun sudah membentuk gugus tugas (task force) yang beranggotakan kementerian/lembaga terkait.

Seiring dengan program tol laut, pemerintah tengah membangun Ekosistem Logistik Nasional/National Logistic Ecosystem (NLE). Pilot project NLE dapat ditemukan di Batam dan rencananya akan ada delapan pelabuhan lain yang ditargetkan selesai tahun ini. Pembangunan NLE diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan.

Tol laut merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sejak tahun 2015 dengan tujuan untuk mengurangi disparitas harga logistik di wilayah Indonesia timur. Muaranya adalah menyejahterakan rakyat Indonesia. Program ini pun diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik untuk Angkutan Barang dari dan ke Daerah T3P.

Berdasarkan kebijakan tersebut, tol laut berarti pelaksanaan pelayanan angkutan barang di laut dari pelabuhan ke pelabuhan lainnya dengan menggunakan mekanisme penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik untuk angkutan barang.

Baca juga: Luhut: Tol laut perlu koordinasi kuat agar bisa efisien

Baca juga: Pandemi, Pelni perlu berdayakan tol laut penuhi kebutuhan logistik

Baca juga: Pemerintah jamin kelancaran tol laut saat pengendalian transportasi

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © rakyatnesia 2021

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2203230/luhut-dorong-inovasi-untuk-tingkatkan-muatan-balik-tol-laut

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More