Presiden Jokowi: LRT Jabodebek beroperasi Juni 2022

Nur Chafshoh

Presiden Jokowi: LRT Jabodebek beroperasi Juni 2022
Bagikan

[ad_1]

Kita harapkan setelah ini selesai kita akan masuk kepada titik-titik yang lain

Jakarta (rakyatnesia) – Presiden Joko Widodo menyatakan kereta api ringan Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) akan mulai beroperasi pada Juni 2022.

“Kita harapkan nanti di bulan April 2022 sudah mulai di-trial, mulai uji coba dan akan kita mulai untuk operasional itu bulan Juni 2022,” kata Presiden Jokowi di Stasiun LRT TMII Jakarta, Rabu.

Presiden Joko Widodo menyampaikan hal tersebut seusai menjajal LRT Jabodebek dengan rute Stasiun Harjamukti, Cibubur-Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan pejabat terkait lainnya.

“Kenapa LRT ini kita bangun? Kita ingin membangun transportasi massal yang terintegrasi, MRT (mass rapid transit), LRT, kereta bandara, bus Transjakarta semuanya terintegrasi,” ungkap Presiden.

Baca juga: Presiden harapkan kereta LRT buatan RI bisa diekspor

Integrasi tersebut, menurut Presiden Jokowi, akan memberikan efisiensi dalam transportasi massal.

“Terjadi efisiensi dalam orang bepergian dari satu titik ke titik yang lain dan kita harapkan setelah ini selesai kita akan masuk kepada titik-titik yang lain,” tambah Presiden.

Pembangunan LRT Jabodebek hingga kini sudah mencapai 84,7 persen. Pada tahap 1, LRT Jabodebek memiliki tiga lintasan.

Pertama, lintas pelayanan rute Cawang-Cibubur sepanjang 14,8 kilometer yang saat ini pembangunannya mencapai 93,8 persen.

Kedua, lintas pelayanan rute Cawang-Dukuh Atas sepanjang 11 kilometer, yang saat ini mencapai 84,3 persen. Ketiga, lintas pelayanan rute Cawang-Bekasi Timur sepanjang 18,4 kilometer, yang saat ini mencapai 90,9 persen.

Selain ketiga lintasan tersebut, juga tengah dibangun depo LRT Jabodebek, yang berlokasi di Bekasi Timur, yang pembangunannya telah mencapai 44,1 persen.

LRT Jabodebek akan memiliki 18 stasiun pemberhentian. Dalam kondisi normal, satu rangkaian LRT dapat mengangkut 740 penumpang. Dalam kondisi padat mengangkut 1.308 penumpang dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam.

Beberapa keunggulan LRT rakyatnesia lain, waktu tempuh bisa lebih cepat dibandingkan kendaraan pribadi atau bus.

LRT Jabodebek dapat menempuh rute Bekasi Timur hingga Dukuh Atas dalam waktu 45 menit, sedangkan dari Cibubur hingga Dukuh Atas waktu tempuh hanya 39 menit.

Baca juga: Presiden Jokowi jajal LRT Jabodebek

Baca juga: Konstruksi LRT Jabodebek capai 84,47 persen per 30 April 2021

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © rakyatnesia 2021

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2200586/presiden-jokowi-lrt-jabodebek-beroperasi-juni-2022

Bagikan

Also Read