Bupati Lamongan Yuhronur Efendi Minta ASN Di Wilayahnya Agar Bijak Bermedsos

Sukisno

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi Minta ASN Di Wilayahnya Agar Bijak Bermedsos
Bagikan

BERITA LAMONGAN (RAKYATNESIA) – Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, berpesan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bertanggungjawab dalam setiap langkahnya termasuk bijak dalam bermedia  sosial (bermedsos).

Hal itu disampaikannya usai menyerahkan SK (Surat Keputusan) pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahap II Formasi Tahun 2021 Kabupaten Lamongan, di Aula Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan, Rabu (8/6/2022). 

“Kita tahu sekarang jamannya medsos dan sekarang menjadi ASN berarti memiliki konsekuensi dan tanggungjawab kepada korpsnya. Lupa kalau sudah menjadi ASN, termasuk dalam bermedsos, tidak sesuai dengan core value ASN, bahkan kadang ikut-ikutan memprovokasiasi,” ucap Bupati Yes. 

Baca Juga  Ketua DPRD Abdul Ghofur Bakal Calonkan Diri Sebagai Pemimpin Lamongan Di Pilkada Mendatang

Bupati Yes juga mengungkapkan, setelah menjadi bagian dari ASN, seluruh PPPK telah memiliki hak dan kewajiban menjadi seorang ASN.

“Selain mendapatkan hak kita juga melakukan kewajiban yakni bertanggungjawab dalam mengemban amanah. Seluruh ASN diharapkan mampu mengamalkan dan mengimplementasikan core value “BerAKHLAK” dalam setiap nafas dan pekerjaan yang dilakukan,” ucapnya. 

Dikatakannya, core value “BerAKHLAK” merupaka akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Dimana dalam implementasi yang pertama adalah Berorientasi Pelayanan, yang artinya setiap ASN/insan pelayanan publik diwajibkan untuk berkomitmen memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. 

Nilai yang kedua adalah Akuntabilitas, nilai ini bermakna rasa bertanggung jawab atas kepercayaan dan kewenangan yang diberikan. Sedangkan nilai yang ketiga adalah Kompeten, nilai ini menggambarkan ASN yang terus belajar untuk mengembangkan kapabilitas.

Baca Juga  Alun Alun Ramai Sesak, Pada Anniversary Persela ke 57

Kemudian nilai yang keempat adalah Harmonis, dimana menurut Bupati Yes nilai ini menjadi penting, terutama dalam kaitannya dengan proses, kemampuan, dan kualitas berorganisasi dalam pekerjaan. Nilai yang kelima yakni Loyal, dimana para petugas dituntut untuk berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dan keenam adalah Adaptif sebagai nilai yang sangat penting yang harus dimiliki setiap ASN. 

Sementara itu, Kepala BPKSDM Sodikin mengungkapkan penyerahan keputusan pengangkatan PPPK guru ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Lamongan. Dalam hal ini pemerintah Kabupaten Lamongan mendapat alokasi sejumlah 538 formasi pada anggaran tahun 2021. 

Baca Juga  Capaian bagus, Jalur Mudik Lamongan 2024 Minim Kecelakaan

“Seleksi PPPK guru telah dilaksanakan dalam dua tahap yakni tahap l meluluskan sejumlah 413 peserta dan tahap II meluruskan sejumlah 125 peserta. Pada kesempatan kali ini peserta yang diangkat sebagai PPPK guru tahap II jumlah 125 peserta dengan rincian guru kelas sejumlah 101 peserta, guru PJOK sejumlah 2 peserta, guru agama Islam sejumlah 19 peserta, guru TIK sejumlah 2 peserta, guru BK sejumlah 1 peserta,” pungkasnya.

**(Sumber: Kominfo Jatim/Red).

Bagikan

Also Read