Mensos teken nota kesepahaman dengan komunitas guna percepatan pertolongan

Nur Chafshoh

Mensos teken nota kesepahaman dengan komunitas guna percepatan pertolongan
Bagikan

[ad_1]

Jakarta (rakyatnesia) – Menteri Sosial Tri Rismaharini meneken nota kesepahaman dengan sejumlah komunitas untuk percepatan pertolongan penanganan bencana Nusa Tenggara Timur (NTT), terutama dalam hal transportasi dan kelancaran komunikasi.

Kementerian Sosial (Kemensos) akan menggandeng Pengurus Pusat Indonesia Offroad Federation (IOF) dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).

“Kami bersinergi dengan IOF mengatasi jalan hancur dalam mengantar pertolongan dan kendala komunikasi terputus bersinergi dengan RAPI agar tetap bisa lancar, ” kata Risma dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Risma berkaca dari penanganan bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT), pihaknya kesulitan mengirimkan pertolongan karena jalan hancur dan jalur komunikasi terputus.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Baca juga: Mensos Risma sebut realisasi anggaran Kemensos 47,26 persen

Baca juga: Kemensos siapkan pemulangan ribuan pekerja migran Indonesia bermasalah

Menggunakan jalur darat di NTT harus ditempuh selama 8 jam dengan kondisi medan berat, sebagai antisipasi dengan menggerakkan balai-balai yang terdekat dengan tempat bencana.

“Mempercepat pertolongan sampai ke korban dengan bersinergi dengan IOF menembus jalan hancur, menggerakkan balai terdekat mengirimkan pertolongan, seperti di bencana Mamuju mengirim dari Makassar dan tanah longsor di Solok kirim pertolongan dari Badiklit Padang,” ujar dia.

Sedangkan, menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina Hulu Energi untuk pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum di tempat yang belum tersentuh pertolongan.

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

Pada kesempatan itu, Mensos melanjutkan ke Sport Center dengan meninjau pembuatan batik, memanen ikan lele dan menggorengnya, serta menuju tempat pembibitan alpukat.

Termasuk, mendandatangani kerja sama atau MoU dengan IOF, RAPI dan Pertamian Hulu Energi, serta memberikan semangat kepada anak-anak di Balai Antasena, Magelang.

Bersama rombongan, Mensos melepas puluhan ekor burung merpati, membidik sasaran dengan memanah dengan jarak 10 meter, namun bidikan pertama meleset jauh keluar.

Tak putus asa, Mensos membidik untuk kedua kalinya dengan fokus dan konsentrasi tinggi. Hingga menembak tepat di sasaran dengan poin tertinggi 10 poin di lingkaran kuning,

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

“Itu saya kebetulan saja, bisa tepat sasaran di lingkaran yang warna kuning, ” ujar Risma.

Tak berhenti sampai di situ, Mensos juga mencoba untuk memanjat tebing yang terletak di samping wahana memanah, tapi menghentikan karena sudah tidak memungkinkan lagi.*

Baca juga: Mensos Risma klarifikasi video viral Bupati Alor bukan PKH

Baca juga: Mensos: Tegakkan moral dan integritas bumikan nilai-nilai Pancasila

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © rakyatnesia 2021

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2194542/mensos-teken-nota-kesepahaman-dengan-komunitas-guna-percepatan-pertolongan

Bagikan

Also Read