Hasil Brasil vs Ekuador, Selecao Menang Tapi Neymar Nyaris Gagal Penalti Rakyatnesia

47


rakyatnesia – Hasil Brasil vs Ekuador dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol ditutup dengan skor 2-0, Sabtu (5/6) pagi WIB.

Bermain di Estadio Beira-Rio, Brasil yang bertindak sebagai tuan rumah langsung menguasai permainan tetapi kesulitan untuk menembus pertahanan Ekuador. Tim tamu sesekali juga memberikan ancaman, namun tak begitu membahayakan gawang Alisson Becker.

Tempo permainan Brasil meningkat di penghujung laga. Bahkan mereka sejatinya bisa mencetak gol lewat kaki Gabriel Barbosa, namun golnya dianggap offside. Hingga babak pertama usai hasil Brasil vs Ekuador sama kuat 0-0.

Selepas jeda, Brasil langsung tancap gas dengan memberikan ancaman-ancaman yang serius ke pertahanan Ekuador. Tekanan yang diberikan pun akhirnya membuahkan hasil di menit ke 65 di mana Richalison berhasil menggetarkan gawang tim tamu usai menerima umpan dari Neymar.

Punya beberapa peluang matang, namun Brasil tak bisa menambah golnya meskipun sudah memasukkan Gabriel Jesus dan Roberto Firmino. Namun, di menit-menit akhir Brasil menambah keunggulan usai pemain Selecao dilanggar dikotak terlarang. Neymar yang maju sebagai eksekutor awalnya gagal menjalankan tugasnya, namun usai wasit mengulang tendangan titik putih ia akhirnya berhasil mencetak gol. Hingga laga usai hasil Brasil vs Ekuador dimenangkan oleh Selecao dengan skor 2-0.

Dengan hasil ini, maka Brasil tetap berada di puncak klasemen dan mengumpulkan 15 poin dalam 5 laga. Sedangkan Ekuador yang kalah harus puas tertahan di peringkat ketiga.

Jalannya Pertandingan 

Babak Pertama 

Sampai menit ke 12 Brasil masih kesulitan untuk menembus pertahanan Ekuador. Menit ke 20 berawal dari tendangan bebas Neymar timnas Brasil memiliki peluang untuk mencetak gol, namun tendangannya yang mengarah ke kotak penalti tak disambut dengan baik oleh Richalison. Setelah itu, Gabriel Barbosa punya peluang mencetak gol dari sisi kanan tetapi masih mampu diantsipasi oleh kiper Ekuador.

Hingga memasuki menit ke 30 timnas Brasil lebih mendominasi permainan dengan memberikan ancaman dari kanan dan kiri, tetapi belum ada gol yang tercipta. Hal ini tak lepas disiplinnya lini belakang Ekuador.

Tak puas dengan penampilan anak asuhnya, Tite memanggil beberapa pemainnya saat laga dihentikan karena adanya pelanggaran kepada pemain Ekuador dengan memberikan instruksinya. Menit ke 42 berawal serangan yang dibangun dari sisi kanan Brasil sukses menggetarkan gawang Ekuador lewat Gabriel Barbosa. Sayang, golnya dianulir wasit karena dianggap sudah terjebak offside.

Peluang emas tersebut membuat Brasil meningkatkan tempo permainannya di penghujung laga babak pertama di mana Neymar melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti, tapi tembakannya mampu ditepis dengan baik oleh Dominguez. Hingga wasit meniupkan peluit babak pertama hasil Brasil vs Ekuador masih sama kuat 0-0.

Babak Kedua 

Usai turun minum, Brasil langsung tancap gas dengan memberikan ancaman ke lini belakang Ekuador. Neymar bahkan dijatuhkan di kotak penalti, namun wasit yang bertugas asal Venezuela tak menganggapnya sebagai pelanggaran. Selanjutnya giliran Richalison yang dijatuhkan dan lagi-lagi wasit belum menunjuk titik putih.

Menit ke 58 Ekuador merangsek ke area kotak penalti Brasil dan memiliki peluang untuk mencetak go melalui Angelo Preciado. Sayangnya, tendangan sang pemain masih melambung tinggi. Lini serang timnas Brasil yang belum bisa membobol gawang Ekuador membuat Tite memasukkan Gabriel Jesus dan menarik keluar Fred yag mulai bermain kasar.

Neymar punya peluang matang untuk mencetak di menit ke 64 lewat kaki kirinya, tapi tembakan mendatarnya masih mampu ditangkap dengan baik oleh Dominguez. Semenit kemudian Neymar memberikan umpan cantik ke Richalison yang bergerak di sisi kiri dan pemain sepak bola yang berkarier di Liga Inggris bersama Everton langsung masuk ke area kotak penalti dan melepaskan tendangan kaki kirinya hingga menggetarkan gawang Ekuador. Skor pun 1-0 untuk keunggulan Brasil di menit ke 65.

Usai gol tersebut, Brasil terus memberikan tekanan ke Ekuador. Bahkan Gabriel Barbosa punya peluang emas untuk mencatatkan namanya di papan skor, tapi tembakan mendatarnya mampu diantisipasi oleh kaki Dominguez. Berikutnya Brasil menunjukkan permainan cantiknya dari sisi kiri dan Richalison pun memberikan umpan lambung ke Gabriel Barbosa dan lagi-lagi ia gagal mencetak gol usai sundulannya melebar ke sisi kiri gawang.

Tite yang tak puas langsung menariknya keluar dan memainkan Roberto Firmino di menit ke 76. Selecao terus memberikan ancamannya ke gawang Ekuador dan akhirnya mereka mendapatkan hadiah penalti usai pemain Brasil dijatuhkan dikotak terlarang. Sempat diprotes pemain Ekuador, namun usai wasit melihat tayangan ulang VAR akhirnya tetap penalti.

Neymar yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya usai tendangannya ditangkap dengan baik oleh Dominguez, namun entah apa yang ada dipikiran wasit tendangan titik putih harus diulang karena pemain Ekuador dianggap lakukan pelanggaran.

Sempat ada protes lagi dari kubu Ekuador, namun permainan dilanjutkan kembali dan Neymar yang kedua kalinya sukses membobol gawang Ekuador dengan mengarahkan sisi kanan. Hingga laga usai hasil Brasil vs Ekuador berakhir 2-0 untuk kemenangan tuan rumah.

Susunan Pemain Brasil vs Ekuador:

Brasil (4-3-3) Alisson Becker, Danilo, Eder Militao,Marquinhos, Alex Sandro, Lucas Paqueta, Casemiro, Fred, Richalison, Gabriel Barbosa, Neymar.

Ekuador (4-2-3-1) Dominguez, Robert Alberlda, Pervis Estupinan, Xavier Arregea, Robert Alberlda, Angelo Preciado, Jhegson Mendez, Carlos Gurezo, Amgel Mena, Eduar Preciado, Alan Franco, Enner Valencia.

artikel telah terbit di : gilabola.com

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More