Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Nasional

Airlangga sebut 201 proyek dan 10 program PSN selesai pada 2024

Airlangga sebut 201 proyek dan 10 program PSN selesai pada 2024 1

Jakarta (rakyatnesia) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan terdapat 201 proyek dan 10 program dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang akan diselesaikan hingga 2024 dengan nilai investasi lebih dari Rp4.817,7 triliun.“Dalam upaya mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional pemerintah terus gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Airlangga menyatakan pembangunan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor merupakan salah satu PSN yang ditargetkan selesai pada 2021 dengan estimasi volume total tampungan 1,7 juta m3 sehingga mampu mereduksi banjir Ibu Kota sebesar 12 m3/detik.

Baca Juga  Jokowi Tolak Permintaan Zelensky Kirim Senjata, Kenapa ?

Sebagai bendungan kering (dry dam) pertama di Indonesia, progres pembangunan fisik Bendungan Sukamahi telah mencapai 75 persen.

“Bendungan Sukamahi ini tentunya diharapkan mampu memberikan peran strategis, baik dalam perspektif mitigasi bencana maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Airlangga menjelaskan pembangunan Bendungan Sukamahi dan 12 bendungan lain yang ditargetkan selesai pada 2021 merupakan langkah mitigasi bencana banjir sejalan dengan rekomendasi kebijakan dari Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional.

“Kita telah menetapkan bersama bahwa salah satu rekomendasi kebijakan Dewan SDA Nasional adalah terkait upaya penyusunan strategi, program, dan kegiatan pengurangan risiko banjir,” tegasnya.

Bendungan-bendungan tersebut diharapkan memberikan kontribusi besar terhadap penyediaan air bersih, pengendalian banjir, pembangkit listrik tenaga air, serta peningkatan irigasi pertanian untuk mendukung program ketahanan pangan dan food estate.

Baca Juga  Idul Fitri 1443 Hijriah. Begini Menurut Kemenag, NU Dan Muhammadiyah
1 2Next page
Klik Baca Lebih Lanjut
Back to top button