Lembah Bukit Manjai Jadi Tempat Hidup Kadal Naga Terbang , Kabar Terkini

Sukisno

Lembah Bukit Manjai Jadi Tempat Hidup Kadal Naga Terbang , Kabar Terkini
Bagikan

Rakyatnesia – Lembah Bukit Manjai Jadi Tempat Hidup Kadal Naga Terbang Pencarian perihal Berita Nasional di dunia maya kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, walaupun hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada Tulisan Lembah Bukit Manjai Jadi Tempat Hidup Kadal Naga Terbang ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget mengamati atau membacanya. Jika anda suka dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com–Taman Biodiversitas Hutan Hujan Tropis di Lembah Bukit Manjai, Mandiangin, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menjadi tempat hidup Draco cornutus. Hewan itu biasa disebut cekibar atau naga terbang, sejenis kadal kecil yang kini semakin sulit ditemukan.

”Sepanjang mengamati perilaku naga terbang bersama tim Forum Saintis Muda Biologi Indonesia, kami temukan lima ekor draco cornutus yang tersebar di kawasan hutan hujan tropis ini,” kata Ferry F. Hoesain, pendiri Taman Biodiversitas Hutan Hujan Tropis di Lembah Bukit Manjai seperti dilansir dari Rakyatnesia, Minggu (4/6).

Ferry menyebut, terdapat sekitar 40 spesies Draco cornutus di dunia. Sebanyak 21 jenis di antaranya sudah teridentifikasi di Indonesia termasuk yang ditemukan di Lembah Bukit Manjai.

Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan Melanda 14 Wilayah, BPBD Kalsel Kian Siaga

Draco cornutus adalah reptil endemik Kalimantan, termasuk dalam keluarga kadal agamidae yang hidup di hutan tropis. Tubuhnya berukuran 25 hingga 30 sentimeter, mempunyai sepasang sayap di belakang kaki depannya berupa membran patagial,” terang Ferry F. Hoesain.

Dia menjelaskan, sayap itu sebenarnya tulang rusuk yang memanjang dan dilapisi kulit tipis yang membuatnya bisa terbang meluncur dari satu pohon ke pohon yang lain. Jadi seperti naga terbang yang ada dalam cerita mitologi kuno.

Menurut Ferry, Draco cornutus adalah satwa arboreal karena lebih suka tinggal di kanopi pohon besar yang menyediakan banyak makanan, seperti serangga kecil. Perilaku unik draco jantan selain bisa meluncur terbang, juga sering mengembangkan dewlap kuning cerah dan runcing untuk mempertahankan teritorial, sekaligus menarik perhatian sang betina.

Baca Juga: Dewan Adat Dayak Kalsel Sampaikan Masalah Lahan Adat ke Kementerian ATR/BPN

”Walaupun draco hidup di atas pohon, namun draco betina sesekali akan turun ke tanah untuk bertelur. Draco betina menggali lubang kemudian meletakkan telurnya di dalam lubang dan menutupnya,” papar Ferry F. Hoesain.

Sang betina akan menjaga sarangnya selama beberapa waktu untuk memastikan bahwa telurnya jauh dari gangguan predator dan setelah itu kembali naik ke atas pohon. Diakui Ferry, keberadaan reptil unik itu di alam terancam akibat alih fungsi lahan, banyak pepohonan yang ditebang untuk dijadikan permukiman penduduk, perkebunan, dan pertambangan, hingga kebakaran hutan serta perburuan liar, untuk dijadikan reptil peliharaan.

Sebagai upaya konservasi, lanjut dia, pihaknya berupaya membebaskan lahan untuk dijadikan taman Biodiversitas sebagai kawasan perlindungan kekayaan hayati Indonesia. ”Saat ini kami memiliki dua taman Biodiversitas dan satu arboretum lahan basah,” ujar Ferry F. Hoesain.

 

Dikutip dari Jawa Pos

Bagikan

Also Read

Tags