Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi

Sukisno

Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi
Bagikan

JAKARTA (RAKYATNESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Lawa timur, kembali menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (mendagri) Republik Indonesia M. Tito Karnavian kepada Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah. Acara digelar di Hotel Bidakara, Birawa Assembly Hole, Jakarta, Kamis (2/6/2022) pagi.

Penghargaan yang diberikan adalah sebagai Pemerintah Daerah kategori Kabupaten dengan Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi Pertama Tahun Anggaran 2021.

Hadir bersama 28 Bupati/Wali Kota dan 11 Gubernur, acara yang dibuka langsung Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam Rapat Koordinasi Keuangan Daerah dan Penganugrahan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tertinggi.

4 kategori anugerah yang diberikan antaranya Realisasi Pendapatan Tertinggi, Realisasi Belanja Tertinggi, Realisasi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tertinggi serta Realisasi Program Taspen (Taspen Award).

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri menyampaikan ucapan terimakasih atas capaian dari Pemerintah Provinsi hingga Daerah yang mampu merealisasikan APBD dengan baik, diharapkan mampu mendukung program Pemerintah Pusat dalam Percepatan Pertumbuhan Perekonomian Nasional yang sempat lesu dimasa pandemi.

“Dengan adanya percepatan realisasi pendapatan daerah diharapkan mampu mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan cara penggunaan produk dalam negeri/produk lokal,” ungkapnya.

Bupati Bojonegoro usai acara tersebut menyampaikan terimakasih atas kerjasama seluruh pihak. Hal tersebut menjaga komitmen pihaknya untuk terus mengawal percepatan dan peningkatan penerimaan Pendapatan Daerah, khususnya juga dalam upaya optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Lanjut Anna Mu’awanah, pihaknya juga berharap dengan adanya anugrah ini tidak membuat pemkab Bojonegoro berpuas diri, sehingga pemkab bisa terus berinstropeksi diri dalam upaya memacu peningkatan pendapatan daerah demi tetap mendukung pembangunan Kabupaten Bojonegoro yang sejahtera dan merata

“Atas apresiasi yang diberikan, menjadikan pemicu bagi kami dan Pemkab Bojonegoro untuk terus bekerja lebih baik lagi, menggunakan anggaran lebih baik lagi dan untuk meningkatkan produktivitas Kabupaten Bojonegoro ini,” kata Anna Mu’awanah menegaskan.

Tercatat Realisasi pendapatan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2021 ditargetkan mencapai 4,2 triliun, hingga akhir tahun diperoleh sebesar 5,9 triliun atau naik 138 persen dari target pendapatan daerah yang ditetapkan dalam perubahan APBD TA. 2021.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Peningkatan realisasi pendapatan tersebut tidak lepas dari upaya dari seluruh Pihak, khususnya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bojonegoro dan seluruh OPD penyumbang penerimaan PAD.

Salah satunya berupa upaya penyederhanaan sistem pembayaran online dan pengurangan tatap muka demi mempermudah pelayanan kepada wajib pajak melalui sistem pembayaran online / QRIS dan e.commerse (tokopedia, go pay, dana, blibli, ovo, alfamart, indomaret dan pos indonesia).

Tampak hadir mendampingi Bupati  Bojonegoro, Kepala Bapenda Kabupaten Bojonegoro Drs. M. Ibnu Soeyoeti,MSi dan Kepala BPKAD Luluk Alifah,SE.MM.

**(Sumber: Humas Pemkab Bojonegoro/Red).

Bagikan

Also Read