Bupati Bojonegoro: Pancasila Suatu Anugerah Yang Tiada Tara dari Tuhan Yang Maha Esa Buat Bangsa Indonesia

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah berkenan menjadi Inspektur Upacara dalam upacara di hari lahir pancasila. Kegiatan digelar di Alun-alun Kota Bojonegoro, Sabtu (1/5/2019).  

Turut sebagai peserta upacara jajaran Forpimda Kabupaten Bojonegoro serta jajaran pegawai di Lingkup Pemkab Bojonegoro. Tidak hanya pegawai negeri yang dari Bojonegoro saja tapi yang dari daerah lain, instansi maupun kementerian juga ikut mengahdiri upacara hari Lahirnya pancasila tersebut.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah menyampaikan sambutan Ketua BPIP (Badan Pembinaan Idiologi Pancasila) bahwa Pancasila adalah sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ujarnya.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang azasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Tampak, peserta upacara hari kesaktian pancasila 2019, yang digelar di Alun-alun Kota Bojonegoro, Sabtu (1/5/2019).

Lanjut Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, akrab disapa – bahwa

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh “panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

“Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalalh bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus. Sebagai negara bangsa yang inklusif dan tidak chauvinis diperlukan pengelolaan unit kultural dan unit politik secara dialektis,” ungkap Bu Anna.

Masih menurut Bu Anna bahwa  keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun “Tamansari Kebudayaan” yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua. Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan, bukan politik yang menimbulkarn ketakutan.

“Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,” ungkapnya.

Ditambahkan, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupar berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,” tegasnya.

Di akhir sambutanya, melalui Ketua BPIP yang dibacakan Bupati Bojonegoro menyampaikan bahwa seharusnya rakyat bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

“Kita Indonesia, Kita Pancasila,” pungkasnya.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read