Walubi Pastikan Ribuan Umat Buddha Hadiri Dharmasanti Waisak Borobudur , Kabar Terkini

Sukisno

Walubi Pastikan Ribuan Umat Buddha Hadiri Dharmasanti Waisak Borobudur , Kabar Terkini
Bagikan

Rakyatnesia – Walubi Pastikan Ribuan Umat Buddha Hadiri Dharmasanti Waisak Borobudur Pencarian seputar Berita Nasional di dunia online kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, walaupun hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Walubi Pastikan Ribuan Umat Buddha Hadiri Dharmasanti Waisak Borobudur ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget mengamati atau membacanya. Jika anda suka dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com–Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) memastikan ribuan umat Buddha menghadiri dharmasanti Waisak Nasional di pelataran Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketua Umum DPP Walubi Hartati Murdaya mengatakan, perayaan puncak Waisak Nasional 2567 BE/2023 di Candi Borobudur akan ditutup dengan Dharmasanti Festival Lampion Trisuci Waisak Nasional di Taman Lumbini. Dharmasanti Waisak akan digelar pada Minggu (4/6) pukul 19.30 WIB hingga selesai.

”Saya mengucapkan terima kasih kepada ribuan umat Buddha dari seluruh penjuru dunia khususnya para Biksu Thudong yang telah melakukan perjalanan panjang dari Thailand – Malaysia – Singapura – Indonesia,” kata Hartati Murdaya seperti dilansir dari Rakyatnesia.

Para Biksu Thudong datang berkumpul di Candi Borobudur untuk merenungkan kembali ajaran Sang Buddha sesuai tema tahun ini Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma Dalam Kehidupan Sehari-hari.

Menurut dia, sejumlah pejabat publik yang sudah konfirmasi hadir dalam kegiatan tersebut yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, serta tamu undangan lain.

Gelaran Dharmasanti Festival Lampion Trisuci Waisak Nasional 2023 dapat diikuti seluruh umat Buddha dengan melakukan konfirmasi kehadiran kepada Syarifarudin Afa (0816243579), Romo Asun (087883805976), dan Andrean Mulyadi (085777728827). Acara juga dapat disaksikan secara livestreaming di YouTube DPP Walubi. 

Sementara itu, Candi Borobudur steril dari pengunjung pada Kamis (1/6) pukul 13.00 WIB, untuk kegiatan ritual keagamaan. ”Pada 1 Juni mulai pukul 13.00 WIB monumen Candi Borobudur ditutup bagi pengunjung, karena sejumlah biksu Thudong akan melakukan puja bakti di candi,” kata General Manager Unit Borobudur Jamal Mawardi.

Dia menyampaikan, wisatawan yang akan naik candi dibuka lebih awal pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. ”Pukul 12.00 WIB itu posisi sudah berada di candi sehingga satu jam di candi hingga jam 13.00 WIB sudah steril dari pengunjang,” papar Jamal Mawardi.

Jamal menuturkan, rombongan biksu Thudong dijadwalkan akan melakukan ritual jalan dari Candi Pawon sekitar pukul 13.00 WIB dan diperkirakan sampai Candi Borobudur pukul 13.30 WIB.

”Penyambutan di sini (Borobudur) jam 13.30 WIB di gerbang Kalpataru. Kami buka gerbang Kalpataru sehingga nanti biksu langsung bisa naik ke Candi Borobudur. Ada penyambutan terhadap mereka tetapi bukan seremonial, sebagai respek kami kepada mereka ada pembagian bunga sedap malam sebagai sarana puja mereka pada saat pradaksina di candi,” terang Jamal Mawardi.

Dia menambahkan, yang steril pengunjung hanya di bangunan candi, sedangkan pengunjung masih bisa menikmati dari pelataran candi, seperti jam reguler biasa.

Dikutip dari Jawa Pos

Bagikan

Also Read

Tags