Peringati Hari Pancasila, Gubernur Ganjar Resmikan Alun-Alun Pancasila di Boyolali , Kabar Terkini

Sukisno

Peringati Hari Pancasila, Gubernur Ganjar Resmikan Alun-Alun Pancasila di Boyolali , Kabar Terkini
Bagikan

Rakyatnesia – Peringati Hari Pancasila, Gubernur Ganjar Resmikan Alun-Alun Pancasila di Boyolali Pencarian perihal Berita Nasional di dunia maya kian banyak dijalankan masyarakat Indonesia, walaupun sebetulnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Peringati Hari Pancasila, Gubernur Ganjar Resmikan Alun-Alun Pancasila di Boyolali ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memperhatikan atau membacanya. Jika anda suka dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meresmikan Alun-Alun Pancasila di Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jateng, Kamis (1/6). Peresmian ini juga sebagai momentum peringatan Hari Lahir (Harlah) dasar negara Pancasila Tahun 2023.

Alun-alun Pancasila diresmikan usai upacara peringatan Harlah Pancasila bertajuk ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’ yang diikuti jajaran Forkopimda Jateng, kepala desa, hingga pegiat seni.

Peresmian ditandai dengan pelepasan sebanyak 17 burung merpati, 8 burung perkutut, dan 45 burung pipit yang merupakan simbol dari jumlah bulu pada burung garuda Indonesia.

Baca Juga: Mardiono Yakin GPK Buktikan Kaum Muda PPP Bisa Warnai dan Berperan Aktif di Pemilu 2024

“Boyolali punya monumen yang cukup bagus. Lambang negara kita burung garuda persis di depan Gunung Merapi dan ini bagian dari taman pancasila yang bisa dipakai masyarakat untuk berkegiatan,” kata Ganjar di tempat.

Alun-alun Pancasila berdiri di atas lahan eks Pasar Cepogo dengan anggaran sekitar Rp8,7 miliar. Tersedia sebanyak 16 kios UMKM di lingkungan alun-alun tersebut.

Selain itu, Alun-alun Pancasila dilengkapi patung Garuda megah berukuran 10×11 meter menghadap Gunung Merapi. Patung terbuat dari tembaga dan kuningan kerajinan Desa Tumang.

Baca Juga: H-1 Libur Panjang, Jasa Marga Catat 168 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Patung Garuda dibangun dengan dinding kokoh. Pada bagian kanan dilengkapi aksen lambang sila pertama hingga kelima, sedangkan di sebelah kiri terdapat aksen tulisan sila pertama hingga kelima.

Ganjar pun berharap Alun-alun Pancasila ini dapat menjadi pengingat seluruh masyarakat tentang dasar negara Indonesia. Salah satu semangat yang akan selalu diterapkan dari Pancasila adalah goyong royong.

“Ya kita punya dasar kuat yang namanya pancasila dan kita akan gotong royong untuk menyelesaikan persoalan yang ada sehingga terasa ringan,” kata Ganjar.

Selain meresmikan Alun-Alun Pancasila, Ganjar juga menandatangani Perda baru Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan untuk Kabupaten Boyolali. Nantinya perda ini akan berlaku di seluruh Jateng.

Dikutip dari Jawa Pos

Bagikan

Also Read

Tags