Profil dan Biodata Umi pipik, Istri dari Almarhum Ustadz Jefri Al Buchori

Nurul Syahadatin

Profil dan Biodata Umi pipik, Istri dari Almarhum Ustadz Jefri Al Buchori
Bagikan

Profil , Rakyatnesia – Umi Pipik yang Infokan Bahwa Ustadz Jefri Poligami

Umi Pipik yang membuka, Umi Pipik yang menutupnya. Kini, ia tidak mau lagi ditanya soal poligami mendiang suaminya, Ustaz Jefri Al Buchori atau Uje.

Setelah masalah itu dibuka ke publik, wanita pemilik nama Pipik Dian Irawati tersebut sering dikejar media yang bertanya mengenai kejelasan kabar poligami Uje. Namun kini, Umi Pipik tak mau lagi berkomentar.

“Untuk mas-mas dan mbak-mbak media, baik media online atau pun cetak yang mencari saya untuk wawancara mohon maaf saya sedang fokus kajian Zoom dan penggalangan dana untuk saudara-saudara saya di Palestina,” buka Umi Pipik dalam Instagram Stories miliknya.

Berkaitan dengan hal tersebut menjadikan Umi Pipik trending di dunia maya. Jika masih kurang tahu siapakan Umi Pipik, berikut merupakan biodata lengkapnya!

Biodata dan Profil Lengkap Umi Pipik:

Nama lengkap: Pipik Dian Irawati
Nama Panggilan: Umik Pipik
Agama: Islam
Profesi: Agamawan
Lahir: Semarang, 26 November 1977
Umur: 44 tahun
Pasangan: (Alm.) Jefri Al Buchori
Anak: Adiba Khanza Az-Zahra, Abidzar Al Ghifari, Ayla Azuhro, Attaya Bilal Rizkillah

Karier:

  • Diskografi Cover Girl Majalah Aneka (1995)
  • Sholawat Badar ft. Uje (2006)
  • Thola’al Badru ft. Uje (2006)
  • Muhasabah Cinta ft. Nia Paramitha & Puput – Melati (2010)
  • Ibu (2014)
  • Pergi Haji ft. Uje (2014)
  • Janji Hawa (2015)

Filmografi:

  • Haji Backpacker (2014)
  • Surga Menanti (2016)
  • Surga Pun Ikut Menangis (2017)

Iklan:

  • Mastin Herbal Ekstrak Kulit Manggis (2015)

Riwayat:

Dari panggung model jadi istri ustaz. Sejak suaminya meninggal, Umi Pipik menggantikannya berdakwah.

Pipik Dian Irawati Popon atau lebih akrab disapa Umi Pipik dikenal sebagai seorang dai peremupuan atau penceramah agama. Ia merupakan istri dari almarhum ustaz Jefri Al Buchori.

Umi Pipik mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai cover girl majalah Aneka sejak tahun 1995 selama dua tahun saat usianya menginjak 18 tahun. Namun, dunianya berubah saat membina rumah tangga.

Pada tahun 1999, dirinya dipersunting oleh ustaz muda Jefri Al Buchori atau lebih sering dipanggil Uje. Mereka dikaruniai 4 orang anak bernama Adiba Khanza Az-Zahra, Abidzar Al Ghifari, Ayla Azuhro, dan Attaya Bilal Rizkillah.

Setelah menikah dengan Uje, Umi Pipit beberapa kali berduet menyanyikan lagu rohani bersama suaminya. Beberapa lagu di antaranya yaitu Sholawat Badar dan Thola’al Badru.

Selain itu, wanita kelahiran Semarang pada 26 November 1977 ini juga membentuk grup vokal rohani Fatimah Voice bersama Puput Melati, dan Nia Paramitha.

Pada tanggal 26 April 2013, Umi Pipik dan keluarga menghadapi musibah yang berat. Sang suami wafat dalam kecelakaan tunggal yang terjadi dini hari di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Umi Pipik menjanda pada usia 35 tahun.

Sepeninggal Ustaz Jefri, Umi Pipik pun meneruskan dakwah suaminya. Ia juga mendapatkan kepercayaan sebagai juri Akademi Sahur Indonesia Junior 2014 di Indosiar. Acara tersebut merupakan ajang bagi anak-anak menunjukan bakatnya berdakwah.

Pada tahun 2014 pula, Umi Pipik mengalami musibah. Pada dini hari 20 Juni 2014, Rumah ibu empat anak ini kebakaran. Api berasal dari ruang tamu. Umi Pipik terbangun pukul setengah 4 pagi dan pada saat itu keadaan sudah sangat panas sekali.

Setelah menyadari apa yang terjadi, ia segera membangunkan anak-anak dan supirnya. Mereka terpaksa lompat dari lantai dua karena sudah tidak ada jalan lagi untuk keluar. Kaki Umi Pipik mengalami retak tulang, sedangkan kaki Abidzar terkilir dan membiru.

Dalam karier selain berdakwah, Umi Pipik juga mulai menjajaki kakinya ke dunia akting. Ia mengawali debutnya dalam film Haji Backpacker. Dalam film ini, beberapa lagu soundtrack dinyanyikan langsung oleh Umi Pipik dan juga almarhum suaminya.

Pada tahun 2016, Umi Pipik kembali bermain untuk film drama islami Surga Menanti bersama aktor Agus Kuncoro, dan Syakir Daulay. Dalam film itu, Umi berperan sebagai ibu dari Dafa (Syakir Daulay) yang menderita penyakit Leukemia.

Dafa sendiri memiliki mimpi ingin menjadi hafizh (penghapal) Al-Qur’an. Namun setelah mendengar kabar dari ayahnya (Agus Kuncoro) bahwa sang ibu tengah kritis, Dafa harus pulang ke kampung dan sekolah di kampungnya.

Selain membintangi film, Umi Pipik juga menjadi model iklan Mastin Herbal Ekstrak Kulit Manggis. Ia masih tetap aktif berdakwah baik di event off air maupun on air. Umi Pipik pernah membawakan tausiah di acara Indonesia Hijab Fest (IHF) 2017 di Hotel Aryaduta, Palembang.

Namun setelah memutuskan untuk bercadar, beberapa kontrak yang mengikat Umi Pipik untuk acara Ramadhan dibatalkan. Meski demikian, ia tetap menanggapinya dengan positif. Segala keputusan pasti punya risiko.

Kehidupan pribadinya pun berujung risiko gosip. Sejak menjanda, Umi Pipik sempat digosipkan memiliki hubungan khusus dengan beberapa selebritis Indonesia. Mulai dengan artis tampan Baim Wong hingga Sunu Fabian eks Matta Band. Namun, Umi memilih diam dan konsentrasi mengurus anak-anaknya dan berdakwah kepada jemaahnya.

Bagikan

Also Read