Ada Buka Puasa Gratis, Setiap Hari Jum’at Selama Ramadhan di Klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Bicara salaing menghargai sesamanya, patut kita acungi jempol untuk umat Tri Dharma yang ada di Klenteng Hok Swie Bio, di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kelurahan Karangpacar, Kecamatan Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

Menghargai sesama dimaksud, seperti halnya dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh Klenteng Hok Swi Bio, yang sudah berjalan sepuluh tahun ini, mereka menyiapkan takjil dan buka puasa bersama bagi ummat Islam yang bersedia datang ke tempat ibadah ummat Konghucu itu. Dimana, kegiatan digelar setiap hari Jum’at selama Bulan suci Ramadhon tersebut.

Berdasarkan pantaun rakyatnesia.com menyebutkan, menjelang buka puasa hari Jum’at (25/5/2018). Di lokasi yang sudah disiapkan di area Klenteng itu, sudah banyak ummat Islam sekitar Klenteng dan warga sekitarnya yang berdatangan untuk ikuti buka puasa yang digelar oleh keluarga besar Klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro itu.

“Buka puasa gratis ini tidak kita umumkan. Namun, mereka sudah banyak yang tahu tradisi kita untuk menghormati saudara kita yang beragama Islam untuk bisa buka puasa di Klenteng Hik Swie Bio ini, Kegiatan ini, kita gelar setiap hari Jum’at selama bulan puasa,” demikian dikatakan Wakil Ketua TITD Hok Swie Bio (TITD), Hatianto.

Menurutnya, pihaknya menyediakan ratusan takjil juga makanan dan minuman untuk berbuka puasa, selama bulan Ramadhan 1439 Hijrah ini. Kegiatan buka puasa ini, sudah berjalan selama sepuluh tahun. Sedangkan, sumber dananya dihimpun dari dana warga Hok Swie Bio sendiri.

Sementara itu, Tan Jien Hwat, selaku Ketua TITD Hok Swie Bio, menuturkan jika kegiatan buka puasa di bulan suci Ramadhan ini sengaja diselenggarakan untuk memupuk toleransi antar umat beragama khususnya yang ada di wilayah sekitar Klenteng dan warga Kelurahan Karangpacar, Kecamatan Bojonegoro Kota itu.

“Atas nama Klenteng Hok Swie Bio mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa 1439 Hijrah bagi umat muslim semua. Semoga di bulan yang baik ini kita semua diberi keberkahan, murah rejeki, dan rasa persaudaraan antar umat beragama sehingga bisa hidup berdampingan yang guyub dan rukun,” katanya dengan penuh harap.

Kegiatan buka puasa yang digelar secara rutin setiap hari Jumat, selama bulan Ramadhan ini, disambut baik oleh umat muslim yang tinggal di sekitar Klenteng itu. Hal itu bisa dilihat, warga mulai berdatangan sejak pukul 17:00 WIB atau saat jelang buka puasa itu.

Sambil menunggu saat berbuka puasa atau menunggu bedug adzan magrib, mereka tampak asyik ngobrol dengan para pengurus Klenteng yang menjadi kebanggan warga Bojonegoro itu. Selain itu, tak jarang ada warga yang menunggu bedug sambil berfoto atau juga selfi-selfi dengan begron Klenteng itu.

“Saya suka dengan adanya buka puasa gratis di Klenteng ini. Semoga kegiatan yang baik ini bisa terus dijalankan sehingga bisa memberi manfaat kepada sesama,” kata Erwan Solikin seorang warga Kelurahan Banjarjo, Bojonegoro Kota itu, sambil menunjukkan jempolnya.

**(Kis/Red0.

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar