Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Bojonegoro Gelar Takbir Virtual

Sukisno

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Bojonegoro Gelar Takbir Virtual
Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Guna menyambut datangnya hari raya Idul fitri 1441 H/ 2020 M, Pemkab Bojonegoro menggelar takbir. Hanya saja, takbir kali ini berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, dengan adanya Pandemi Corona (Covid-19) itu, digelarlah takbir secara Virtual.

Acara Takbir Virtual dihadiri Bupati Bojonegoro Anna Mu’awnah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Sekda Bojonegoro dan Kepala OPD tersebut, digelar di Pendopo Malowopati yang berada di Jalan P Mas Tumapel Nomor 1, Bojonegoro, Jawa timur, Sabtu (23/5/2020) malam.

Takbir Virtual digelar di Pemkab Bojonegoro sedangkan Forkopimcam mengikutinya di masing-masing Pendopo Keamatan yang terkoneksi dengan menggunakan aplikasi zoom.

Takbir virtual di Pendapa Malowopati diringi dengan oklik yang dibawakan para seniman Bojonegoro. Pelaksanaan takbir tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kumandang takbir juga dilaksanakan secara bergantian dari masing-masing kecamatan. Kemudian dilanjutkan oleh masing-masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pendapa Malowopati itu, diteruskan oleh Fokompimda, ditutup dengan kumandang takbir oleh Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah dengan didampingi suaminya H Ali Dufa.

Menurut Bu Anna – demikian Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, akrab disapa – bahwa takbir dikumandangkan di malam Har raya Idul fitri. Setelah, umat Islam melaksanakan puasa ramadhan sebulan penuh. Tibalah, hari kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri yang jatuh 1 Syawal 1441 H yang bertepatan dengan tanggal 23 Mei 2020 M.

Lanjut Bu Anna, digelarnya takbir virtual itu bertujuan untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19). Namun, tanpa menghilangkan esensi atau makna rangkaian peringatan Hari raya Idul Fitri tahun ini.

“Atas nama pribadi dan Pemkab Bojonegoro kami mengucapkan minal Aidin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Idul Fitri 1441 H,” ujar Bu Anna sebelum mengakhiri takbir virtual nya.

Sebelumnya, Bupati bersama Forkompimda menyerahkan bantuan paket sembako dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim kepada seniman Bojonegoro yang terdampak pandemi Covid-19.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read