Kunjungi Jokowi di Istana Bogor, Presiden Iran Puji Indonesia di Organisasi Dunia , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Kunjungi Jokowi di Istana Bogor, Presiden Iran Puji Indonesia di Organisasi Dunia Pencarian perihal Berita Nasional di dunia online kian banyak dijalankan masyarakat Indonesia, sedangkan hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Kunjungi Jokowi di Istana Bogor, Presiden Iran Puji Indonesia di Organisasi Dunia ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memperhatikan atau membacanya. Jika anda senang dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendapat kunjungan dari Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raisi kemarin (23/5). Pertemuan di Istana Bogor itu membahas sejumlah hal. Mulai geopolitik hingga kerja sama. Termasuk dukungan atas perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis di Afghanistan.

”Dengan terus menyuarakan akses pendidikan bagi perempuan di Afghanistan dan terus memberikan pertolongan kemanusiaan,” ujar Jokowi.

Terkait dengan kerja sama bilateral di bidang kesehatan, kedua negara sepakat melakukan proyek percontohan untuk tindakan operasi telerobotik. Selain itu, proyek percontohan telemedisin dan kolaborasi alat di 11 puskesmas telah berjalan.

”Saya juga tadi menyampaikan alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia serta kerja sama bioteknologi dan nanoteknologi untuk kesehatan, energi, pertanian, dan lingkungan,” katanya.

Dalam bidang ekonomi, Indonesia dan Iran telah menandatangani persetujuan perdagangan preferensial atau preferential trade agreement (PTA). Dokumen tersebut ditandatangani Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian. Kesepakatan itu juga diperlihatkan di hadapan kedua presiden. ”Semoga dapat makin meningkatkan perdagangan Indonesia dan Iran,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Tiongkok Sukses Damaikan Saudi Arabia dan Iran, Said Aqil Siroj Angkat Topi

Keduanya juga menjajaki pembentukan kesepakatan antarbisnis atau B2B, investasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dan solusi untuk investasi sektor migas. ”Terakhir, terkait dengan teknologi sinyal perkeretaapian, saya telah menyampaikan harapan untuk kerja sama, riset bersama, alih teknologi, dan assembly,” jelas Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Seyyed menyampaikan salam hormat kepada rakyat Indonesia dan penghargaan atas undangan Presiden Jokowi. Dia pun senang berada di Indonesia yang dianggap sebagai negara sahabat. Dia memuji status Indonesia di organisasi dunia. Apalagi, Indonesia memiliki populasi masyarakat muslim yang basar.

Dia juga menyinggung revolusi Islam di Iran. Dengan revolusi tersebut, anak perempuan dan perempuan dapat terlibat di berbagai bidang. Mulai politik, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, hingga medis. (lyn/c14/hud)

Dikutip dari Jawa Pos

Exit mobile version