Konsistensi Berbuah Naik Peringkat Dalam QS World University Rankings 2023 by Subject , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Konsistensi Berbuah Naik Peringkat Dalam QS World University Rankings 2023 by Subject Pencarian perihal Berita Nasional di dunia maya kian banyak dijalankan masyarakat Indonesia, padahal sebetulnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Konsistensi Berbuah Naik Peringkat Dalam QS World University Rankings 2023 by Subject ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget mengamati atau membacanya. Jika anda senang dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – Dalam dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi, ranking adalah sebuah acuan terhadap perguruan tinggi lain. Pemeringkatan menjadi poin penting dalam melihat bagaimana suatu sistem pendidikan apakah sudah berjalan dengan baik atau sebaliknya. Ranking yang baik tersebut menjadi percontohan untuk dapat diikuti oleh perguruan lain.

Salah satu pemeringkatan yang ada adalah QS World University Rankings. QS Ranking sudah menjadi indikator yang valid untuk mengukur kualitas perguruan tinggi dan sudah mendapatkan pengakuan dunia sejak 2004. Sistem ini dikerjakan oleh Quacquarelli Symonds, sebuah perusahaan khusus yang menganalisis institusi tinggi seluruh dunia setiap tahun.

Baca Juga: Jelang HUT Jakarta ke-496, Masuk Ancol Gratis Sebulan, Begini Caranya!

Sistem ranking ini kemudian sering muncul di brosur-brosur perguruan karena begitu dibanggakan oleh kampusnya. 

Berbicara mengenai pemeringkatan, dua bidang ilmu di Binus University, yaitu Computer Science & Information System serta Business Management mendapatkan pengakuan dari QS World University Rankings 2023 by Subject Computer Science & Information System serta Business Management Studies.

Dalam daftar tersebut, bidang ilmu Computer Science & Information System naik ke peringkat 351-400 dari sebelumnya pada peringkat 401-450 dunia. Kemudian, masuk sebagai 3 besar dari 6 perguruan tinggi di Indonesia. 

Baca Juga: Alasan Kenapa Wajib Test Drive Dahulu Sebelum Beli Mobil Baru

Lima indikator yang dijadikan penilaian dalam pemeringkatan ini yaitu reputasi akademik (academic reputation), Reputasi yang diberikan dari penyerap lulusan (employer reputation), sitasi riset per makalah (research citations per paper), indeks pengukur produktivitas dan pengaruh akademik (H-index), dan jaringan penelitian internasional berdasarkan fakultas (International research network).

Adapun pada bidang ilmu Business Management juga naik ke peringkat 451-500, dari sebelumnya di peringkat 501-550 dunia. Di Indonesia, BINUS UNIVERSITY berada pada posisi ke-5 dari 9 perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam pemeringkatan ini. 

Baca Juga: PNS DKI Ngabila Salama Pamer Berpenghasilan Rp 34 juta Sebulan, tapi di LHKPN kok Cuma Rp 73 Juta

Empat indikator yang menjadi penilaian adalah academic reputation, employer reputation, citations per paper, dan H-index.

Rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. mengucapkan rasa syukurnya. 

Baca Juga: Laurentia Editha, Komposer Arek Suroboyo yang Masuk Nominasi Emmy Awards

“Bersyukur dan berterima kasih atas pengakuan yang diberikan QS World University Rankings by Subject 2023 pada 2 bidang ilmu,” ujarnya.

Dikutip dari Jawa Pos

Exit mobile version