Forpimda Bojonegoro, Hadiri Rakor Forkopimda Jatim, di Balai Kartika Makodam V Brawijaya

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Rapat koordinasi (rakor) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa timur, digelar di Balai Kartika Makodam V Brawijaya, Surabaya, Jawa timur, Senin (22/05/2017) siang.

Rakor Forkopimda tingkat Provinsi Jawa timur tersebut, bertujuan untuk melaksanakan dan menindaklanjuti Instruksi Presiden RI Ir. Joko Widodo menolak dan memberantas serta menindak tegas semua pihak yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, NKRI, dan Bhineka tunggal ika.

Gubernur Jawa Timur H. Sukarwo menegaskan bahwa berdasarkan Pasal 63-68 UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah setingkat Kabupaten/Kota harus tegak lurus dan sinergis dengan Pemerintah Provinsi. Komitmen tegak lurus ini sangat penting dalam menciptakan kondisi Jatim yang aman dan nyaman.

“Kondisi Jatim yang aman dan nyaman wajib dijaga karena Jatim adalah pilar penyangga perekonomian di Indonesia bagian timur,” pesan H. Soekarwo yang akrab disapa Pakde Karwo itu, Senin (22/5/2017).

Dalam rakor tersebut tampil sebagai nara sumber dan menyampaikan materi tentang perkembangan situasi kamtibmas adalah Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Drs. Machfud Arifin, SH serta pernyataan sikap oleh Pangdam V Brawijaya yang diwakili Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus Suhardi, Kajati Jawa Timur E.S. Maruli Hutagalung, SH,MH, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto,SH, Kepala Pengadilan Tinggi Jawa Timur Soemarsono,SH,M.Hum.

Dalam menyampaikan materinya Wagub Jawa Timur Saifullah Yusuf juga menginstruksikan pejabat baik di Kabupaten/Kota harus tegak lurus dalam mendukung pernyataan sikap dan berkomitmen mempertahankan NKRI, karena NKRI adalah harga mati.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro,SH,SIK,M.Si saat ditemui usai mengikuti Rakor Forpimda Jawa timur kepada para awak media mengatakan, bahwa sebagai Pimpinan ditingkat daerah wajib hukumnya untuk menjaga keamanan dalam negeri terutama di wilayah masingmasing termasuk tekadnya untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Polres Bojonegoro siap menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Bojonegoro agar tetap kondusif dengan menjalin sinergitas dengan TNI, Pemerintah Kabuaten Bojonegoro, serta seluruh komponen masyarakat. Polres Bojonegoro berkomitmen untuk mengikuti arahan dalam rakor tingkat Jawa timur itu agar kita tegak lurus dalam mendukung apa yang menjadi kebijakan Kapolda Jatim,” tegas pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidproam Polda Jatim itu, Senin (22/5/2017).

Masih menurut Wahyu SB – demikian Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro,SH,SIK,M.Si, biasa disapa – baik Polres bojonegoro maupun Forpimda plus Kabupaten Bojonegoro, siap tegak lurus menyatakan mendukung pernyataan sikap yang telah di sepakati oleh pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur tersebut,” tegas Mas Wahyu SB.

Adapun pernyataan sikap Forpimda Jawa Timur tersebut berisikan:
1. Tidak ragu untuk menindak tegas segala bentuk ucapan dan tindakan yang mengganggu:
a. Persatuan dan persaudaraan; b. NKRI; c. Bhinneka tunggal ika;
d. Yang tidak sesuai dengan Pancasila dan Undang-undang 1945 di wilayah Jawa Timur
2. Melakukan tindakan hukum dengan tegas orang ataupun kelompok-kelompok yang berusaha dengan segala cara untuk memecah belah bangsa Indonesia;
3. Mendorong semua kekuatan elemen masyarakat bersatu untuk melawan perpecahan bangsa, khususnya di wilayah Jawa Timur;
4. Memperkuat persatuan dan kesatuan di wilayah Jatim untuk menangkal segala bentuk provokasi;
5. TNI, Polri dan Pemerintah di Jawa Timur akan meningkatkan kegiatan guna mendorong sinergitas tercapainya rasa kebhinnekaan di Jawa Timur.

Dalam acara yang dihadiri oleh seluruh pejabat Forpimda tingkat Propinsi Jawa Timur dan Tingkat Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur, dari deretan undangan yang hadir selain dihadiri Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro,SH,SIK,M.Si, dari Forpimda Bojonegoro juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro Hj. Mitro’atin, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf. M. Herry Subagyo, Kajari Bojonegoro Muhaji, SH serta Kepala Bakesbangpol Bojonegoro Kusbiyanto yang mewakili Bupati Bojonegoro. **(Kis/Red).

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar