Aplikasi Berguna Ini Akan Membantu Mengoptimalkan Pekerjaan Anda

Aplikasi Berguna Ini Akan Membantu Mengoptimalkan Pekerjaan Anda
Bagikan

Tekno,Rakyatnesia – Pandemi Covid-19 mendadak mengubah cara kita bekerja. Sebagian besar pekerjaan dipaksakan untuk dapat selesai dari jarak jauh dengan menggunakan internet. Mau tidak mau, suka tidak suka kita didorong untuk menghabiskan waktu lebih banyak di depan gadget.

Semenjak saat itulah kita mulai di-familiar-kan dengan berbagai jenis aplikasi produktivitas yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Semakin anda menemukan aplikasi yang tepat maka semakin cepat pekerjaan anda dapat terselesaikan. Dengan demikian pekerjaan anda berhasil dilakukan dengan optimal.

Namun, tidak dapat dipungkiri jika bekerja melalui internet memiliki risiko tersendiri. Kejahatan hacker dapat mengancam keselamatan dan kerahasiaan data-data pekerjaan anda. Anda tentu tidak mau pekerjaan yang sudah dengan susah payah anda buat dicuri atau diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengandalkan VeePN. VeePN tersedia dalam bentuk VeePN untuk iOS dan VeePN untuk Android. Anda bisa download VPN iOS app disini dan VeePN for smartphone disini. VPN untuk iOS bisa cari kata kunci unduh VeePN App Store dan VPN untuk Android bisa pakai kata kunci unduh VeePN Google Play. Aplikasi VPN ini dapat menghindari peretasan dengan menyembunyikan data anda dari mata publik sehingga anda segala aktivitas di internet dapat terlindungi.

Pada awalnya mungkin perlu waktu untuk mulai mencari tahu satu per satu tentang aplikasi yang benar-benar berguna. Tetapi jika sudah menemukan yang pas buat anda maka semua pekerjaan akan menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Produktivitas pun akan jauh lebih optimal lagi serta meningkat tajam.

Bagaimana cara meningkatkan pekerjaan anda?

Sebelum merekomendasikan aplikasi yang dapat meningkatkan pekerjaan anda, ketahui terlebih dahulu cara untuk meningkatkannya.

  1. Fokus hanya satu pekerjaan di satu waktu.

Multitasking terkesan menjanjikan dapat menyelesaikan banyak pekerjaan anda pada satu waktu. Tapi tidak semua orang mungkin cocok dengan gaya ini. Jika anda fokus untuk menyelesaikan satu perkara tentu satu hal tersebut akan selesai jauh lebih cepat dan anda jadi lebih produktif.

  1. Dapatkan waktu untuk istirahat sejenak di sela-sela pekerjaan.

Jangan sepelekan beristirahat. Istirahat sejenak dapat menghindarkan anda dari kelelahan yang berlebihan. Selain itu dapat membantu anda menjernihkan pikiran.

  1. Targetkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu.

Jika pekerjaan yang paling penting dan mendesak dapat anda selesaikan lebih dahulu maka pekerjaan yang lebih kecil pasti akan lebih mudah untuk anda kerjakan.

  1. Atur berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Perlakukan waktu anda dengan berharga karena waktu tidak dapat diputar kembali. Dengan memberikan batas waktu untuk pekerjaan maka hal ini dapat mendorong anda untuk tidak buang-buang waktu.

  1. Tetapkan tujuan kecil.

Segala sesuatu yang besar selalu dimulai dari yang kecil. Dengan menetapkan tujuan yang kecil dapat mempermudah tugas besar anda perlahan tapi pasti rampung.

Aplikasi apa yang akan membantu meningkatkan pekerjaan anda?

Berikut ini adalah beberapa aplikasi produktivitas terbaik pilihan kami yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan pekerjaan anda.

Aplikasi sebagai dapur produksi pekerjaan

  1. Google Docs

Segala macam yang berhubungan dengan dokumen dapat anda buat dengan Google Docs. Aplikasi ini dapat membantu mengolah kata baik dalam bentuk lembaran, formulir dan presentasi. Bisa online dan juga offline. Jika online maka data anda akan secara otomatis dapat diperbarui setiap saat.

  1. WPS Office + PDF

Jika anda tidak ada waktu untuk berlama-lama membuka laptop maka dokumen anda bisa diolah melalui Aplikasi WPS Office + PDF. Aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah melalui HP saja.

Aplikasi untuk menyimpan dan berbagi data

  1. Google Drive

Google Drive memungkinkan anda menyimpan data dalam kapasitas tertentu. Selain itu dengan aplikasi ini menyimpan dan berbagi data dengan rekan kerja juga jadi lebih mudah. Dapat anda akses dari berbagai jenis gadget yang ada.

  1. Dropbox

Sama halnya Google Drive, dengan dropbox anda juga bisa simpan dan bagi data dengan pengguna lain. Penyimpanan dan berbagi file dalam ukuran besar jadi lebih mudah.

Aplikasi untuk komunikasi

  1. WhatsApp

Hanya koneksi ke jaringan internet, anda bisa bertukar pesan atau informasi dengan siapa saja. Berbagai fitur dari WhatsApp membuat komunikasi jarak jauh anda menjadi semakin lebih mudah, khususnya untuk hal pekerjaan. 

  1. Zoom

Aplikasi ini paling booming semenjak covid-19 melanda. Zoom adalah aplikasi telekonferensi video. Anda dapat meeting dari jarak jauh dengan rekan kerja atau juga rekan bisnis anda dari jarak yang tidak ada batasnya selama ada koneksi internet tentunya.

  1. Google Meet

Mirip-mirip dengan Zoom. Aplikasi Google Meet juga bisa digunakan untuk komunikasi video dari jarak jauh. Jika Zoom dikembakan oleh Zoom Video Communications maka dari namanya Google Meet sudah dapat ditebak merupakan milik Google.

Penutup

Kita tentu tidak dapat mengukur produktivitas seseorang dengan aplikasi-aplikasi di atas. Namun dengan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut saya yakin anda dapat semakin menjadi lebih produktif walaupun sedang menjalani WFH.

Semoga pekerjaan anda menjadi lebih optimal dan hari-hari anda menjadi lebih produktif.

Selamat mencoba aplikasinya!

Bagikan

Also Read