Memasuki Musim Kemarau Tahun ini, Bupati Bojonegoro Salurkan Bantuan Benih Tembakau

Sukisno

Bagikan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bojonegoro, menyerahkan bantuan bibit tembakau.

Jelang musim kemarau di tahun 2022 ini, bantuan bibit jenis Virginia dan Jawa diserahkan secara simbolis kepada para petani secara simbolis di Desa Drokilo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Sabtu (21/5/2022).

Penyerahan bantuan bibit tembakau tersebut dilaksanakan oleh Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Muwanah, didampingi Kepala DKPP Helmy Elizabeth, Camat Kedungadem Agus S Hardianto, Kepala Desa (Kades) Drokilo Sutrisno, Inisiator tanaman tembakau Virginia, para petani penerima bantuan dan undangan lainnya.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa, bantuan bibit tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah Bojonegoro untuk para petani tembakau di wilayahnya.

Lanjut Bu Anna – demikian, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awnah, akrab disapa – tidak hanya di Kedungadem saja, tahun 2021 lalu, pemberian bibit gratis juga dilakukan secara simbolis di Kecamatan Temayang.,

“Kami menugaskan DKPP untuk mengawal para petani dalam penanaman tembakau agar mereka memperoleh hasil panen yang lebih bagus,” ungkap Bupati Perempuan pertama di Bumi Angling Dharma ini, Sabtu (21/5/2022).

Sementara itu, Kepala DKPP Bojonegoro Helmy Elizabeth menjelaskan bahwa bantuan bibit tembakau yang ada di Kedungadem ini diperuntukkan juga untuk Kecamatan sekitar seperti halnya Sugihwaras, Kepohbaru dan Temayang dan wilayah Kecamatan penghasil tembakau.

“Dari benih tembakau sebanyak 2,5 kg dengan 2 jenis yaitu Jenis Virginia dan Jawa, bisa ditanam hampir 750 an hektar dan bisa dimanfaatkan lebih dari 1.000 petani,” terangnya.

Helmy menyampaikan, pemberian bibit tembakau secara gratis kepada para petani di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini merupakan program yang baik karena Kabupaten Bojonegoro ini,  dikenal sebagai penghasil tembakau.

Selanjutnya, bibit yang diberikan ini akan distribusikan secara bertahap sesuai umur tembakau itu sendiri. Namun ada juga beberapa petani yang sudah mengambil bibit beberapa waktu lalu, sebab sudah masuk masanya tanam.

Halmy juga berharap, semoga saat tanam hingga panen tembakau nanti, tidak terkendala baik hujan dan hama penyakit sehingga memperoleh hasil yang bagus sehingga petani memperoleh keuntungan yang bagus sehingga mereka semakin sejahtera.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read