Wabup Bojonegoro Hadiri Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019, di Jakarta

Sukisno

Bagikan

JAKARTA (RAKYAT INDEPENDEN) – Wakil Bupati Bojonegoro Drs Budi Irawanto,M.Pd beserta rombongan menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019, yang digelar di Aula Grand Paragon Hotel Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019 dengan mengambil Tema “Sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial dalam Rangka Merekatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Pasca Pemilu Serentak 2019”

Acara yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri ini, dihadiri oleh Seluruh, Gubernur, Walikota/Bupati selaku Ketua Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial, Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Indonesia dan Kaban/Kakan Kesbangpol Kabupaten/Kota, TNI, Polri, Kabinda, serta Instansi pemerintah lainnya.

Baca Juga  Lowker BUMN 2024 Dibuka Mulai Hari ini, Ini Syarat Daftar Dan Linknya

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintah Umum Soedarmo, dalam sambutan laporannya menjelaskan latar belakang pembentukan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial, berawal dari penetapan Undang Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial.

Dimana, pasca penetapan undang-undang tersebut selama tahun 2012 hingga tahun 2014, belum terbit peraturan operasional berupa peraturan pemerintah sebagai peraturan tindak lanjut yang diamanatkan Undang-undang tersebut, sehingga terjadi kekosongan hukum.

Menteri koordinator  politik dan keamanan (Menko Pohukam) Wiranto berkenan membuka secara resmi Rapat Koordinasi Nasional (Rornas) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019 tersebut.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo selaku nara sumber dalam acara tersebut mengatakan

Mengingat penting dan strategisnya pelaksanaan program penanganan konflik sosial ini,

Pemerintah Pusat akan memberikan “reward dan punishment” sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto  yang menghadiri acara mewikili Bupati Bojonegoro yang sedang berhalangan itu mengatakan, dalam mencegah penanganan konflik sosial di wilayah, Pemkab Bojonegoro bekerjasama dengan 3 pilar yang ada.

“Tiga pilar dengan didukung oleh tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta potensi masyarakat lainnya secara preventif akan terus menjaga kondusivitas keamanan wilayah sekarang dan seterusnya untuk menjaga proses pembangunan dan kesejahteraan  masyarakat,” ungkap Wabup yang aktif sebagai Ketua DPC PDIP Bojonegoro itu bangga.

Baca Juga  Viral, Diduga SPBU Di Bekasi ini Campur Bensin Dengan Air, Motor Konsumen Banyak Yang Mogok

Turut mendampingi Wabup dalam kegiatan Rakornas di Jakarta, yakni, Kapala Bakesbangpol Kusbiyanto dan rombongan.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read