RTIK Bojonegoro Gelar Seminar Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital, di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro

0 115

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Seminar cerdas bermedia sosial di era digital yang digelar oleh RTIK (Relawan Teknologi Informasi Komunikasi) kabupaten Bojonegoro, yang berlangsung di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro berjalan lancar dan cukup sukses, Minggu (14/5/2017).

Kegiatan yang awali dengan sambutan Ketua RTIK Bojonegoro Rifaun Naim itu, dilanjutkan dengan sambutan Bupati Bojonegoro Suyoto, sekaligus membuka acara seminar yang dihadiri sebagaian besar anak-anak muda Bojonegoro itu.

Menyampaikan materi pertama dalam seminar tersebut Ketua RTIK Indonesia Fajar Eri Dianto. Dalam materinya, dia menyampaikan tentang cerdas ber media sosial. Termasuk disampaikan tentang data komposisi pengguna internet di Indonesia yang sudah mencapai angka 132,7 juta. Angka tertinggi ada di Pulau Jawa dengan 86,3 persen dan khusus untuk Jawa timur, engguna internet mencapai 27,1 persen.

Bang Fajar – demikian Fajar Eri Dianto, biasa di sapa – lebih menjelaskan tentang bagaimana agar dalam bersosial media tetap aman dengan melakukan perlindungan data individu. Menghindari posting data atau informasi, selalu mengganti pin pada akun pribadi secara berkala.

RTIK Bojonegoro Gelar Seminar Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital, di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro 1
Ketua RTIK Bojonegoro Rifaun Naim bersama pemateri dan undangan berfoto besama usai acara Seminar yang digealr RTIK Bojonegoro, di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, Minggu (14/5/2017).

“Dalam kesempatan ini, perlu kami sampaikan juga tentang kebebasan di sebuah internet. Dimana, kebebasan itu terdapat dalam UUD 1945 Pasal 28F dan Pasal UUD 1945 Pasal 28J. Sedangkan, hak dasar hukum pembatas ada di UU Nomor 11 Tahun 2008 dan PP nomor 82 Tahun 2012,” tegas Bang Fajar, Minggu (14/5/2017).

Dalam sesi tanya jawab, seorang penanya Zakia Bidayatun Nikmah asal Kecamatan Kalitidu mengatakan jika dirinya prihatin dengan banyaknya sekali berita hoax yang beredar di Internet. Dirinya menanyakan bagaimana caranya mengendalikan hoax.

Dengan gamblang, materi disampaikan oleh ketua Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto pada sesi pertama menyampaikan bahwa dibutuhkan kecerdasan dan etika dalam berinternet sehingga tercipta kondisi masyarakat Bojonegoro yang cerdas dan informatif.

Pemateri asal kota kembang Bandung, Jawa Barat tersebut mencontohkan beberapa fenomena dalam sosial media, misalnya berita Hoax yang kemudian diikuti bagaimana cara mengendalikan berita palsu tersebut.

“Untuk menciptakan masyarakat yang cerdas dan informatif di Bojonegoro, butuh kecerdasan dan etika dalam berinternet,” tutur Ketua Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto.
Sedangkan pemateri kedua yaitu Ismail Fahmi,Phd, pria asli dari Desa Kenep, Kecamatan Balen, Bojonegoro tersebut menyajikan materi tentang Cerdas melawan hoax.

Pria yang juga pendiri PT. Media Kernels Indonesia itu, menyampaikan bahwa pengguna sosial media harus memeriksa dahulu kebenaran dalam menerima berita, salah satunya melalui internet, media massa atau seseorang yang dianggap tahu.

“Sebelum menerima berita, periksa dulu kebenarannya. Caranya melalui pencarian di internet atau search engine, melihat melalui media masa berupa koran, TV dan Radio.menanyakan kepada teman yang dianggap tahu atau mengecek kembali melalui media sosial,” jelas Ismail Fahmi,PhD.

Ditambahkannya, jangan segera melakukan share informasi jika belum diketahui kebenaranya. Yang perlu dicatat bahwa berita hoax itu selalu ada ada opini dan bukan berita yang bersifat fakta. Makanya, Wong Jonegoro perlu cerdas dalam bersosial media.

Sementara itu, Ketua Relawan TIK Bojonegoro Rifaun Naim kepada para awak media mengatakan pihaknya berharao agar masyarakat Bojonegoro dapat memanfaatkan media sosial itu secara positif.

“Diharapkan dengan adanya seminar cerdas bermedia sosial, masyarakat Kabupaten Bojonegoro bisa memanfaatkan media sosial bagi masyarakat Bojonegoro,” kata Ketua Relawan TIK Bojonegoro, Rifaun Naim itu. **(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More