Manganan Taji, Ada Pagelaran Wayang Thengul, Santunan Anak Yatim, Cacat dan Lansia

0 109

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Tradisi sedekah bumi di Dusun Taji, Desa Sukorejo, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro, Jatim, hingga kini masih terpelihara dengan baik. Mulai dari selamatan di makam hingga digelarnya pertunjukan Wayang Thengul sehari-semalam (Rini-wengi, Jawa red).

Jum’at Pon (13/5/2016) pagi, dilaksanakan selamatan di Makam Mbah Mendek yang oleh warga Dusun Taji yang diyakini sebagai nenek moyangnya, yang menjadi cikal bakal berdirinya, Dusun Taji yang masuk dalam wilayah Desa Sukorejo itu.

Pada saat kegiatan selamatan alias tumpengan di acara sedekah bumi itu, dibagikan paket sembako dan uang tunai untuk 10 anak yatim, 10 anak-anak penyandang cacat dan 25 untuk lansia (Lanjut usia). Paket itu, diserahkan secara simbolis oleh Kepala Desa Sukorejo Ahmad Shobirin kepada para penerimanya.
Manganan Taji

“Ini merupakan sedekah yang diberikan oleh Dusun Taji, Desa Sukorejo terhadap anak-anak yatim, anak-anak penyandang cacat dan para lansi. Dengan harapan mereka turut mendo’akan agar Dusun Taji, warganya diberikan keselamatan, kebahagiaan, makin banyak rejekinya dan selalu sukses dalam setiap pekerjaan yang dijalaninya,” demikian disampaikan Kepala Desa Sukorejo Ahmad Shobirin (34) saat ditemui rakyatnesia.com ditengah-tengah acara manganan, Jum’at (13/5/2016).

Pagelaran wayang Thengul digelar Jum’at (13/5/2016) siang, digelar di area makam Mbah Mendek dan malamnya acara wayang thengul di gelar di halaman rumah Kades Sukorejo yang bearada di Jl Raya Taji – Ngraho, atau tepatnya di depan Lapangan sepak bola Desa Sukorejo.

Tampil menghibur, Dalang Ki Santoso dari Padangan, Bojonegoro dengan iringan Kerawitan Rukun Laras, dengan lakon Penambang Rogo. Ada 3 (tiga) sinden yang turut menghibur yakni Nyi Nyaminah, Nyi Nyamik dan Nyi Setyorini.

“Warga Dusun Taji khusunya dan warga Desa Sukorejo umumnya, masih sangat menggemari kesenian wayang thengul. Mereka sangat antusias, nonton sampai slesai hingga tuntasnya Lakon Penambang rogo itu. Lihat saja, mereka sangat menikmati pagelaran wayang thengul dalam rangka Sedekah Bumi Dusun Taji ini,” demikian, disampaikan Kepala Dusun Taji H. Sulaiman (62), yang didapuk jadi Ketua Panitia Sedekah Bumi di dusunnya itu. **(Kis/Yanto).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More