Ingin Panjang Umur? Lakukan 3 Kebiasaan Sehat Ini

Sukisno

Bagikan

KESEHATAN (RAKYAT INDEPENDEN)- Ada banyak cara agar Anda bisa tetap sehat dan panjang umur. Beragam kebiasaan sehat dapat Anda terapkan sedini mungkin supaya Anda dapat menikmati hidup yang panjang dan bahagia bersama keluarga.

Angka harapan hidup di setiap negara berbeda-beda. Kisarannya adalah antara 60-80 tahun. Ada yang hidup di atas rentang usia tersebut, tapi banyak juga yang di bawahnya. Dikatakan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, ada tiga negara yang memiliki angka harapan hidup tinggi, yaitu Korea Selatan, Italia, dan Jepang. Untuk bisa panjang umur seperti penduduk di negara-negara tersebut cukup sedarhana.

“Hampir semuanya berkisar pada pola makan yang baik dan olahraga secara teratur. Anda bisa mencobanya di rumah bersama keluarga, dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga kondisi di Indonesia,” kata dr. Astrid.

Dilansir dari laman Newsweek, sejumlah peneliti dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, berkolaborasi untuk menemukan cara agar seseorang bisa berumur panjang. Sederet lima kebiasaan ini pun terangkum sebagai hasil penelitian ini.

Dalam menunjang penelitian, tim peneliti menilai kuesioner gaya hidup dan catatan medis yang kurang lebih berjumlah hingga 123.000 relawan yang diselesaikan selama 34 tahun lamanya. Harapan hidup rata-rata peserta yang mengikuti lima kebiasaan sehat ini meningkat, mencapai 12 tahun pada pria dan 14 tahun pada wanita. Apa saja kebiasaan tersebut?

1. Menerapkan diet sehat

Menjaga berat badan ideal itu penting dalam rangka mengurangi risiko serangan penyakit. Anda dapat menerapkan hidup sehat, tapi usahakan jangan sampai terlalu ketat. Diet sehat ini bisa meliputi daging merah, gula, dan lemak jenuh, lalu perbanyak konsumsi sayuran, buah, serta biji-bijian.

Berdasarkan sebuah penelitian, partisipan yang menerapkan pola diet semacam ini mampu menurunkan risiko meninggal dunia karena penyakit jantung hingga 82 persen, dan meninggal dunia karena kanker mencapai 65 persen. Pencapaian angka tersebut terbilang signifikan. Dengan menerapkan diet sehat, sebagian populasi akan terselamatkan dari dua penyakit yang terkenal mematikan ini.

2. Menyudahi berbagai kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk yang dimaksud di sini adalah: merokok, pola tidur berantakan, malas bergerak, berhenti belajar menyenai banyak hal, serta konsumsi alkohol yang berlebihan.

“Jika Anda merokok, berhentilah sekarang juga! Sejauh ini, menyudahi kebiasaan merokok adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan, firma asuransi, dan sistem kesehatan di negara dari mana Anda berasal,” kata Evan Kontopantelis, peneliti dari Universitas Manchester, Inggris.

Untuk konsumsi alkohol, sebetulnya diperbolehkan asal harus dalam takaran yang pas. Ada sebuah anjuran bahwa mengonsumsi minuman beralkohol tidak boleh lebih dari 15 gram per hari untuk wanita, dan maksimal 30 gram per hari untuk pria.

Kemudian, berbicara soal pola tidur berantakan, malas bergerak dan berhenti belajar, itu semua memiliki risiko masing-masing. Saat pola tidur berantakan, maka tubuh akan mudah stres karena kurang istirahat. Ketika Anda malas bergerak, maka lemak akan tertimbun dan menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Sedangkan ketika Anda berhenti belajar, akan mengakibatkan menurunnya fungsi otak dan timbulnya penyakit seperti demensia.

3. Olahraga

Selain menerapkan diet sehat dan menjaga indeks massa tubuh (IMT) sesuai perhitungan, olahraga juga tak kalah penting untuk dilakukan. Menurut American Cancer Society, dengan rutin berjalan kaki saja dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, bahkan kanker payudara dan kanker usus besar. Selain itu, berjalan kaki juga disebut dapat memperbaiki masalah insulin, kolesterol, hingga menyeimbangkan tingkat tekanan darah.

Ada juga studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine tahun 2017 yang juga menemukan hubungan yang kuat antara berjalan kaki dengan penurunan resiko kematian akibat penyakit pernapasan. Wah, jika berjalan kaki saja dapat membawa manfaat besar, olahraga yang dilakukan secara rutin pasti akan makin membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Nah, untuk tetap sehat dan panjang umur tidak sulit, bukan? Meski terdengar mudah, tapi hidup sehat membutuhkan komitmen dan disiplin. Namun, jika diawali dengan tekad yang kuat dan dukungan dari orang-orang sekitar, semua pasti akan terasa lebih mudah dan tanpa sadar tiga kebiasaan sehat yang disebutkan di atas dapat membuat Anda terlindungi dan dapat menikmati pada hidup masa lansia dengan sehat dan bahagia.

Sumber: Klik Dokter

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar