Antispasi Sebaran Virus PMK, Petugas Gabungan di Sumberrejo, Cek Hewan Ternak Sapi

Sukisno

Antispasi Sebaran Virus PMK, Petugas Gabungan di Sumberrejo, Cek Hewan Ternak Sapi
Bagikan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Sumberrejo, Kodim 0813 Bojonegoro, bersama Camat Sumbberejo, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa, dan Polmas Sumberrejo, mendampingi petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kecamatan Sumberrejo, memeriksa kesehatan hewan ternak sapi, di Pasar Hewan Desa Sumberrejo, Rabu (11/5/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi, mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Pada kedempatan itu, Pelda Sutondo, mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung pada hewan sapi.

“Sosialisasi dan penyemprotan cairan disinfektan juga diberikan oleh petugas. Dengan harapan, para peternak juga bisa bekerja bersama untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus ini. Sehingga, wilayah khususnya di Sumbberrejo ini aman dari virus PMK,” ujarnya.

Dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari petugas gabungan bersama dinas terkait ini, untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah, kondisi hewan ternak sapi kondisinya sehat. Namun demikian, kami berharap agar peternak tetap menjaga kebersihan hewan ternak, kandang, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” kata Pelda Sutondo menegaskan..

Sebagai informasi, PMK atau Foot and Mouth Disease (FMD) ini tidak hanya menyerang pada hewan ternak sapi, karena ada beberapa hewan atau ternak yang rentan tertular seperti kerbau, domba atau kambing yang dapat menyebabkan nilai jual pada hewan ternak menurun drastis.

**(Sumber: Humas Kodim 0813 Bojonegoro)

Bagikan

Also Read