Profil dan Biodata Ustadz Tengku Zulkarnain, Pemuka FPI yang Meninggal Dunia Karena Covid-19

Nurul Syahadatin

Profil dan Biodata Ustadz Tengku Zulkarnain, Pemuka FPI yang Meninggal Dunia Karena Covid-19
Bagikan

Profil , Rakyatnesia – Ustadz Tengku Zulkarnain Meninggal Dunia saat Magrib

Kabar duka datang dari Ustadz Tengku Zulkarnain. Innalillahi wa inna ilaihi rojin, ustaz kelahiran 14 Agustus 1963 (usia 57 tahun) ini meninggal dunia hari ini, Senin (10/5/2021), di RS Tabrani, Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Infokom Riau Chairul Riski.”Innalilahi telah berpulang ke Rahmatullah Ustadz Tengku Zulkarnain saat magrib tadi,” kata Riski Senin malam.

Tengku Zul adalah pria Melayu yang lahir di Medan, Sumatera Utara pada 14 Agustus atau lebih tepatnya 57 Tahun lalu. Penceramah ini merupakan lulusan strata 1 Universitas Sumatera Utara jurusan Sastra Inggris.

Selama hidup, dia sempat menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada periode 2015 hingga 2020. Selain di MUI, Ustaz Tengku Zul juga aktif sebagai Ketua Majelis Fatwa untuk PP Mathla’ul Anwar, sebuah organisasi yang berfokus pada pendidikan Islam.

Dalam pendidikan Agama Islam, pria berdarah Melayu Deli ini belajar ilmu fiqih dari gurunya yang bernama Syaikh Dahlan Musa dan dan ilmu Al-Qur’an dari Syaikh Azro’i Abdul Rauf. Dirinya memiliki seorang istri dan dua orang anak perempuan.

Beberapa aksinya kerap kali menimbulkan pro-kontra di tengah-tengah masyarakat. Pada 2017 misalnya, ketika dia sempat ditolak warga Dayak Sintang saat berkunjung ke Kalimantan.

Agustus 2019, dia menuai sorotan lantaran menyebut letak calon Ibukota Indonesia yang baru yang terletak di Kalimantan Timur berada di garis lurus dengan Beijing, Ibukota Republik Rakyat Tiongkok. Tak hanya itu, dia berpendapat bahwa letak Ibukota tersebut dapat dengan mudah dijangkau dengan rudal.

Baca Juga: Profil dan Biodata Mark Sungkar, Ayah Shireen Sungkar yang Terkena Kasus Korupsi

Eks Panglima TNI Moeldoko saat itu menyangkal pernyataannya. Menurut Moeldoko saat ini rudal tidak lagi memiliki target yang garis lurus.

Tak hanya itu, dirinya juga sempat ikut serta dalam Aksi Bela Islam serta aksi-aksi yang dilakukan Alumni 212 pada masa setelahnya. Dalam pemilihan umum Presiden Indonesia (Pilpres) 2019, dia tercatat sebagai salah satu pendukung setia pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pada Juni 2020, dia meributkan isi dari artikel Pembantaian di Indonesia 1965–1966 dan Partai Komunis Indonesia yang ada di Wikipedia bahasa Indonesia. Oleh karena itu, pria berkacamata itu membuat tagar #BoikotWikipedia, yang kemudian menjadi trending topic pada 3 Juni 2020.

Riwayat Pendidikan Tengku Zulkarnain

Tengku Zulkarnain merupakan lulusan program S1 di Universitas Sumatera Utara, jurusan Sastra Inggris. Memiliki darah Melayu Deli, Tengku Zulkarnain kemudian memperdalam ilmu fiqih dari Syaikh Dahlan Musa dan Syaikh Azro’i Abdul Rauf.

Tengku Zulkarnain sendiri tak hanya dikenal karena banyak pendapat kontroversial yang dilontarkan semasa ia hidup. Namun juga dikenal sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia pada periode 2015 hingga 2020 lalu.

Karier

Selain aktif berceramah di 13 negara, Ustadz Tengku Zulkarnain juga berkecimpung sebagai dalam pendidikan islam dengan menjabat sebagai Ketua Majelis Fatwa untuk PP Mathla’ul Anwar.

Selain itu, Ustadz Tengku Zulkarnain juga telah melahirkan sebuah buku berjudul ‘Salah Faham: Jawaban Atas Buku Rapot Merah A’a Gym’.

Tak hanya itu, Ustadz Tengku Zulkarnain juga pernah menjabar posisi-posisi penting lainnya. Berikut beberapa pengalaman karier Ustadz Tengku Zulkarnain:

  • Dosen Sastra Inggris di Universitas Sumatera Utara tahun 1987
  • Dirut LP3I
  • Direktur Keuangan PT. Griya Kerta Leksana
  • Direktur HRD PT. Trihamas Finance Syariah.
  • Penasehat Al-Hakim Menteng
  • Imam Besar Masjid An-Nur Buaran Indah
  • Anggota Komisi Dakwah MUI Pusat
  • Wakil Ketua Dewan Fatwa Mathla’ul Anwar
  • Ketua Majelis Fatwa untuk PP Mathla’ul Anwar

Keluarga

Diketahui, ayah dari Ustadz Tengku Zulkarnain bernama Tengku Rafiuddin Sahudin yang masih memiliki darah keturunan Kesultanan Serdang. Sedangkan ibunya, bernama Anisah Usy, seorang anak dari seorang tokoh agama di Riau.

Saat ini Ustadz Tengku Zulkarnain telah menikah dan dikaruniai dua orang putri. Meski begitu, hingga kini identitas istri dan kedua putrinya jarang diketahui masyarakat.

Dalam sebuah buku berjudul Pak Harto: Untold Stories diceritakan dalam profil Ustadz Tengku Zulkarnain, ia berkeinginan untuk mendirikan pesantren dan berdakwah ke seluruh penjuru dunia.

Baca Juga: Profil dan Biodata Sapri, Pelawak Indonesia yang Masuk ICU

Biodata dan Profil Ustadz Tengku Zulkarnain:

Nama Lengkap: Ustadz Tengku Zulkarnain
Tempat Lahir: Medan
Tanggal Lahir: 14 Agustus 1963
Umur : 57 Tahun.
Profesi: Pemuka Agama
Nama Orang tua: Tengku Rafiuddin Sahudin/Anisah Usy
Instagram : @tengkuzulkarnain.id
Twitter : @ustadtengkuzul.
Pendidikan : S1 Universitas Sumatera Utara, S2 Business di Institute Economy of Hawaii.
Jejak Karir : Anggota Komisi Dakwah MUI Pusat, Dosen Sastra Inggris di Universitas Sumatera Utara tahun 1987, Dirut LP3I, Ketua Majelis Fatwa untuk PP Mathla’ul Anwar (2), Direktur Keuangan PT.Griya Kerta Leksana, Direktur HRD PT. Trihamas Finance Syariah, Penasehat Al-Hakim Menteng, Wakil Ketua Dewan Fatwa Mathla’ul Anwar

Bagikan

Also Read