Selain Covid, Tengku Zulkarnain Meninggal Adanya Penyakit Bawaan Diabetes

Selain Covid, Tengku Zulkarnain Meninggal  Adanya Penyakit Bawaan Diabetes
Bagikan

Nasional, rakyatnesia – Tengku Zulkarnain Wakil dari Sekjen Majelis Ulama Indonesia meninggal dunia degan status positif COvid-19. Selain COvid Tengku juga memiliki penyakit bawaan yakni diabetes. “Iya ada DM (diabetes melitus). Ada penyakit bawaan lah. Sehingga kalau kena covid jadi lebih parah,” kata Direktur HRD dan Corporate Communication Tabrani Group Ian Machyar kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Senin (10/5).

Ian mengatakan pasien Covid-19 yang memiliki penyakit bawaan kondisinya tak stabil. Menurutnya, beban pasien yang mengidap diabetes melitus hingga asma juga semakin berat.

“Emang kalau yang berat kalau DM, kalau asma. Itu berat sekali,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan Zulkarnain meninggal sekitar pukul 18.35 WIB atau setelah waktu buka puasa.

Mimi menuturkan jenazah Zulkarnain saat ini masih berada di RS Tabrani guna menjalani pemulasaran jenazah.

“Lebih kurang satu sampai dua jam lah pemulasarannya semua,” katanya.

Tengku Zulkarnain dirawat di RS Tabrani sejak 2 Mei lalu. Ia kemudian terkonfirmasi positif Covid-19 pada 3 Mei.

Dikutip dari halodoc.com, diabetes melitus terjadi ketika tubuh memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas membawa gula dari darah untuk disimpan atau digunakan sebagai energi ketika kamu beraktivitas. Ketika mengalami diabetes, pankreas tidak membuat cukup insulin atau tidak bisa menggunakan insulin yang diproduksi dengan baik.

Bagikan

Also Read